Monday, February 1, 2016

Manfaat Susu Ibu Hamil yang Jarang Diketahui


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil sering sekali dikaitkan dengan kesehatan janin. Banyak kasus di mana bayi lahir dalam keadaan cacat dikarenakan sang ibu tidak rutin mengkonsumsi susu kehamilan. Ada juga ibu haml yang akhirnya kehilangan sang buah hati saat proses persalinan karena kesehatan bayinya kurang baik sehingga meninggal. Dan hal tersebut dikarenakan janin selama di dalam rahim mendapat asupan gizi yang kurang dari susu ibu hamil. Dan masih banyak lagi kasus lain.

Namun, susu untuk ibu hamil ternyata tidak hanya diperuntukkan untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Susu tersebut juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Berikut beberapa fakta yang tidak banyak orang tahu mengenai manfaat mengkonsumsi susu pada saat hamil.
Susu Kehamilan Mencegah Penyakit Kulit
Tahukah ibu bahwa kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering diserang oleh bakteri dan juga virus pada saat kehamilan? Apakah ibu pernah melihat ruam saat hamil? Jangan anggap sepele hal tersebut.
Menurut beberapa kajian ilmiah, seorang ibu hamil sangat mungkin terkena cacar air. Ini merupakan penyakit kulit yang cukup berbahaya karena cacar air bisa berdampak buruk bagi otak dan hati.
Cacar air ini sebenarnya disebabkan oleh sebuah virus. Namanya Vanicella Zosterini. Ketika virus ini menyerang kulit, akan muncul ruam dan gatal pada kulit. Jika dibiarkan, cacar air ini bisa menyebabkan pneumonia.
Untuk mencegah cacar air ini, ibu harus mengkonsumsi susu ibu hamil. Pasalnya, susu kehamilan sudah diformulasikan agar meningkatkan daya tahan tubuh saat kehamilan. Selain itu, ibu juga harus memperhatikan lingkungan. Karena hanya lingkungan yang bersih saja yang bisa mencegah dari segala masalah kesehatan, tak terkecuali penyakit kulit seperti cacar kulit ini.
Susu Kehamilan Mencegah Rubella
Apakah ibu tahu penyakit apakah ini? Rubella merupakan campak jerman. Salah satu gejala yang paling sering muncul ketika seseorang terkena rubella adalah munculnya pembengkakan getah bening di bagian leher.
Bagi ibu hamil, penyakit yang satu ini harus diantisipasi dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil. Ibu bisa melakukan pencegahan dengan cara minum susu untuk ibu hamil secara rutin. Susu mengandung gizi tepat yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil yang akan memperkuat sistem immune sehingga ibu hamil tidak mudah terkena penyakit, terutama rubella. Penyakit yang satu ini diakibatkan oleh sebuah virus. Virus ini menyebar melalui bersin dan batuk.
Susu Kehamilan Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Mungkin ibu sudah tahu cara mencegah terkena infeksi saluran kemih saat kehamilan adalah dengan tidak menahan pipis. Namun, cara ini tidaklah cukup. Pasalnya, di dalam saluran kemih, terdapat bakteri yang jumlahnya sangat banyak dikarenakan tingginya produksi hormone. Dalam hal ini, susu ibu hamil bisa membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam saluran kemin sehingga resiko terkena inveksi lebih turun.
Jadi, jika selama ini ibu sudah tidak lagi menahan buah air kecil, silakan kebiasaan tersebut dilanjutkan. Namun, tetap saja ibu harus mengkonsumsi susu untuk ibu hamil karena susu tersebutlah yang akan menghancurkan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.
Namun, ibu tidak boleh hanya mengandalkan susu saja. Ibu juga harus mengkonsumsi makanan pendamping susu ibu hamil. Artinya, makanan tersebut kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan, layaknya nutrisi yang terkandung di dalam susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment