Thursday, January 28, 2016

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dengan Buah Naga


nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil sangatlah penting dipenuhi kebutuhannya. Janin dalam kandungan menyebabkan kebutuhan harian anda sebagai wanita dewasa menjadi berubah. Hal ini disebabkan karena adanya penyesuaian kebutuhan ketika sedang mengandung, dan juga janin yang ada dalam kandungan.

Ada beragam asupan yang dapat dijadikan referensi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda sebagai ibu hamil. Mulai dari makanan padat, sayur mayur, hingga bermacam – macam jenis buah – buahan. Ya, buah. Jangan heran mengapa buah bisa menjadi salah satu menu pilihan anda yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda saat mengandung. Buah yang kaya serat, bermacam – macam vitamin dan mineral sangat penting untuk anda konsumsi.

Lalu jenis buah apa saja yang baik untuk ibu hamil? Jawabannya banyak dan bermacam – macam. Tetapi, ada satu buah yang secara mengejutkan memberikan manfaat yang baik bagi anda para moms yang sedang hamil. Buah tersebut adalah Buah Naga Merah.

Alasan mendasar mengapa buah naga merah sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kandungannya yang kaya akan nutrisi bermanfaat. Didalam sebutir buah naga merah terdapat vitamin, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi dan lain – lain. Dan tentunya mengandung antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit karena sifatnya yang mampu menghalau beragam radikal bebas.

Pasti para moms, masih penasaran, bagaimanana buah yang memiliki daging lembut dan didominasi oleh warna merah tua ini menjadi suatu pilihan makanan sehat untuk ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan serat yang tinggi

Alasan pertama yang menjadikan buah naga sangat berkhasiat adalah kandungan seratnya yang tinggi. Ya, dengan konsumsi buah naga secara rutin, dapat mencegah terjadinya konstipasi pada ibu hamil. Selain itu, serat membuat anda dapat lancar buang air sehingga tidak mudah kembung.

Kaya akan Zat Besi

Ya, kandungan zat besi pada buah naga sangat berguna untuk merangsang pembentukkan sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Selain itu, zat besi juga berguna untuk membantu pengikatan oksigen dalam darah menjadi lebih maksimal dan membantu pembentukan plasenta. Plasenta sebagai jalur makanan dari ibu ke balita apabila kondisinya baik, dapat mencegah terjadinya kekerdilan atau bayi lahir dalam ukuran yang sangat kecil.

Kekurangan zat besi pada ibu hamil membuatnya menjadi terlihat sangat lesu dan mudah lelah. Padahal bukan kehamilan itu yang menyebabkan ibu menjadi lemas melainkan kurangnya konsumsi nutrisi yang mengandung zat besi inilah yang menyebabkannya.

Kandungan Asam Folat

Asam folat adalah nama lain untuk jenis vitamin B9  memiliki peran yang sangat berguna bagi perkembangan organ pada janin. Seorang ibu hamil yang kekurangan nutrisi asam folat sangat tidak disarankan untuk melanjutkan kebiasannya. Karena, apabila anda para moms sangat menyayangi buah hati anda, tentu anda menginginkan anak anda bisa lahir tanpa adanya cacat fisik. Berdasarkan penelitian, cacat fisik yang terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan mengandung asam folat selama masa kandungan, Dan salah satu makanan yang mengandung jenis nutrisi ini adalah buah naga.

Karbohidrat Folates

Nutrisi ibu hamil yang terkandung pada buah naga selanjutnya adalah Folates yang merupakan salah satu jenis karbohidrat. Seperti karbohidrat kebanyakan, folates berguna untuk pembentukan energi sehingga para moms yang sedang hamil tidak mudah lelah. Selain itu, manfaat dari folates lainnya adalah menjadi salah satu penyumbang untuk pembentukan sel darah merah. Dan juga, patut diperhatikan apabila moms kekurangan nutrisi folates ketika mengandung dapat membuat bayi yang dilahirkan cacat secara mental karena syaraf pada otak bayi tidak ternutrisi dengan baik.

Untuk itu moms, masih meragukan khasiat dari buah naga merah terhadap janin dan diri anda ketika sedang mengandung? Sebaiknya tidak. Dan mulai sekarang masukan buah naga merah sebagai salah satu asupan yang menyumbang nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment