Wednesday, April 13, 2016

Melengkapi Nutrisi Ibu Hamil Hanya dengan Susu Ibu Hamil, Memang Cukup?

Melengkapi Nutrisi Ibu Hamil Hanya dengan Susu Ibu Hamil, Memang Cukup?

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Menkonsumsi susu ibu hamil memang sangat disarankan agar nutrisi ibu hamil terpenuhi. Akan tetapi, apakah nutrisi yang didapatkan ibu hamil akan cukup jika hanya menkonsumsi susu ibu hamil tanpa perlu menkonsumsi tambahan yang lain?


Kehamilan memang membuat kebutuhan tubuh ibu hamil akan asupan nutrisi yang cukup menjadi semakin tinggi, karena ibu harus berbagi semua nutrisi yang dikonsumsinya dengan janin yang ada di dalam kandungan. Itu sebabnya ibu hamil dianjurkan untuk menkonsumsi susu ibu hamil, agar ibu bisa memenuhi kebutuhan kalsium, protein, asam folat, zat besi, dan nutrisi lainnya yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Alasan yang sama juga membuat ibu jadi harus lebih berhati – hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Ibu perlu menkonsumsi makanan yang penuh dengan gizi dan justru tidak akan membahayakan janin.

Oleh karena itu, banyak juga ibu hamil yang juga menkonsumsi suplemen selama kehamilan. Suplemen tersebut juga mengandung nutrisi yang bermacam – macam, dan dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan akan nutrisi – nutrisi tertentu setiap hari. Terkadang, ada pula kasus dimana ibu hamil harus menkonsumsi suplemen untuk mengatasi masalah – masalah kesehatan tertentu. Misalnya, bagi ibu hamil yang mempunyai masalah tulang dan berpotensi mengalami osteoporosis akan sangat dianjurkan untuk menkonsumsi suplemen kalsium selama kehamilan.

Namun, mencukupi gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil memang tidak bisa hanya dengan menkonsumsi suplemen seperti susu ibu hamil saja. Sebaiknya, ibu justru memulai dari pilihan makanan sehari – hari yang sehat dan bernutrisi. Ibu perlu menghindari menkonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti junk food dan makanan yang mengandung MSG. Akan lebih baik jika ibu hanya menkonsumsi whole foods atau makanan utuh dan segar yang dimasak sendiri, agar ibu tahu betul apa saja makanan yang ibu konsumsi dan bagaimana makanan tersebut diolah.

Selain baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, menjaga pola makan yang sehat tentunya juga mempermudah ibu untuk menjaga berat badan yang sehat. Pasalnya, berat badan ibu hamil juga akan menentukan sehat atau tidaknya perkembangan janin di dalam kandungan. Berat badan ibu hamil yang tepat pun akan berdampak kepada berat badan bayi yang juga ideal di saat kelahiran.

Jika nutrisi ibu hamil sudah bisa tercukupi dengan menkonsumsi susu ibu hamil dan menjaga pola makan yang benar, maka kesehatan ibu hamil sudah terjamin, dong?

Tentu saja tidak. Nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa dikatakan adalah salah satu kunci utama untuk ibu hamil dan janin yang sehat. Manfaat yang didapatkan dari melakukan hal tersebut juga tidak hanya dapat dirasakan selama kehamilan, tapi sampai bayi sudah lahir dan ibu menyusui juga. Akan tetapi, masih banyak faktor lain yang berkontribusi dalam menentukan sehat atau tidaknya ibu hamil dan janin.


Lingkungan sekitar ibu hamil yang bersih, aktifitas dan kegiatan yang tepat, istirahat yang cukup, dan interaksi sosial pun berperan penting dalam kesehatan ibu hamil, selain memastikan nutrisi yang didapat ibu hamil tercukupi dengan konsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment