Monday, May 2, 2016

Agar Tidak Mual Saat Minum Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Friso Indonesia
Susu ibu hamil bukanlah penyebab mual atau yang sering disebut morning sickness. Meskipun banyak ibu hamil yang mual setelah minum susu, kurang tepat jika dikatakan bahwa susu lah penyebab mual. Produksi hormon yang meningkat saat ibu hamil menjadi penyebab utama mual yang ibu rasakan.

“Lha, kalau begitu, kenapa setelah minum susu baru merasa mual?” Ya, hal tersebut memang benar. Susu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mual, tapi bukan faktor utama ya. Produksi hormon yang meningkat membuat kondisi perut berbeda tidak seperti saat belum hamil. Mual semakin menjadi-jadi ketika ada nutrisi tertentu yang ibu dapatkan dari susu ibu hamil.

Sayangnya, banyak ibu hamil yang terlalu cepat menyimpulkan kalau susu untuk ibu hamil lah yang menjadi penyebab mual atau morning sickness. Padahal tidak, bukan?

Yang perlu ibu lakukan adalah bagaimana cara agar setiap kali ibu mengkonsumsi susu tidak mual. Berikut hal yang perlu ibu lakukan.

Jaga Jarak Antara Makan dan Minum Susu
Morning sickness tidak hanya mual. Tidak jarang ibu hamil yang sering mengalami mual disertai dengan muntah. Apakah ini hal yang wajar? Tentu saja wajar. Hanya saja, bukan berarti ibu bisa membiarkan begitu saja. Jika setiap kali ibu minum susu lalu muntah, tentu saja makanan yang ibu konsumsi sia-sia karena semua makanan dan minuman yang ibu konsumsi keluar semua dari perut. Akibatnya, janin tidak mendapatkan nutrisi.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Cobalah ibu untuk memberikan jeda antara makan dan minum susu. Mungkin ibu bisa jeda sekitar 30 menit antara makan dan minum susu ibu hamil. Jadi, perut ibu sudah bisa mulai mencerna makanan dan siap untuk mendapatkan susu.

Mengurangi Takaran Susu
Selain memberikan jeda waktu antara waktu makan dengan minum susu ibu hamil, ibu juga bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu mengurangi takaran susu. Bolehkah hal ini? Sebenarnya takaran susu sudah ditentukan. Karena takaran tersebut menentukan seberapa banyak nutrisi yang ibu dapatkan dari satu gelas susu.

Akan tetapi, pada saat ibu mulai minum susu, sepertinya tidak masalah jika ibu mengurangi takaran susu. Hal ini diperlukan agar sistem pencernaan siap untuk menerima dan mencerna susu sehingga tidak mual dan dimuntahkan kembali. Jangan khawatir ibu kekurangan nutrisi dengan mengurangi takaran susu ibu hamil karena bukan hanya dari susu saja ibu mendapatkan nutrisi ibu hamil, bukan? Ibu bisa mendapatkan nutrisi dari makanan juga.

Mengganti Merk Susu Ibu Hamil
Dua cara tersebut sepertinya sudah bisa mengatasi mual setiap kali ibu minum susu ibu hamil. Akan tetapi, jika dua cara tersebut tidak bisa mengatasi morning sickness, ibu bisa mengganti merk susu untuk ibu hamil lainnya.

Yang jelas, jangan pernah terpikir untuk berhenti minum susu hanya karena selalu mual dan muntah setiap kali minum susu. Ibu harus tahu perkembangan janin itu memerlukan nutrisi yang tidak sedikit. Salah satu sumber nutrisi ibu hamil tidak lain adalah dari susu.

Banyak sekali kasus di mana janin tidak berkembang maksimal dan akhirnya keguguran karena kekurangan nutrisi. Ada juga bayi lahir dalam keadaan cacat karena kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, pastikan ibu melengkapi nutrisi selama masa kehamilan dengan cara makan makanan yang bergizi dan selalu minum susu ibu hamil.


No comments:

Post a Comment