Thursday, March 24, 2016

Minum Susu Ibu Hamil Ketika Mengandung Manfaatnya Sampai Menyusui, Lho!


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Apakah ibu menkonsumsi susu ibu hamil selama ibu mengandung? Jika ya, itu hal yang baik, karena manfaat yang didapat dari menkonsumsi susu ibu hamil pasti tetap akan ibu dapatkan ketika ibu menyusui.


Setiap ibu pasti ingin memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayinya nanti. Tapi, nutrisi ibu menyusui harus cukup, karena nutrisinya tetap akan dibagi dengan bayi. Selain itu, ibu menyusui juga harus memastikan kondisi tubuh sehat dan kuat untuk merawat dan menyusui bayi. Nah, menjaga nutrisi dan kesehatan ibu harus dimulai dari sejak ibu masih mengandung, karena apa saja yang dikonsumsi ibu hamil pasti akan terbawa sampai bayi lahir dan diberikan ASI.

Salah satu cara menjaga kesehatan dan mencukupi nutrisi ibu menyusui adalah untuk menkonsumsi susu ibu hamil ketika mengandung, agar gizi yang diperlukan bayi dan ibu cukup agar nanti ibu bisa menghasilkan ASI yang berkualitas.

Coba ibu simak sedikit ulasan tentang manfaat yang bisa didapatkan ibu menyusui dari menkonsumsi susu ibu hamil ketika ibu masih mengandung.

Ketika menyusui, ibu disarankan untuk menkonsumsi susu dan produk susu lainnya, terutama yang rendah lemak. Gunanya, agar kebutuhan kalsium yang diperlukan tulang tercukupi. Ketika hamil, ibu pasti perlu kalsium karena harus menopang berat badan yang lebih dari biasanya. Ketika menyusui, asupan kalsium cukup tetap harus dipenuhi agar ibu tetap bisa beraktifitas sehari – hari dan tetap kuat menggendong bayi, terutama ketika memberikan ASI.

Kalsium yang didapat dari susu yang dikonsumsi selama mengandung sudah membantu memperkuat fondasi tulang. Ibu hanya perlu melanjutkan menkonsumsi susu rendah lemak atau produk susu lainnya seperti yogurt, agar asupan kalsium sehari – hari ibu tetap terpenuhi.

Bahkan, terkadang protein yang didapat dari ibu hamil yang menkonsumsi susu sapi biasa bisa mempengaruhi bayi yang diberikan ASI, seperti membuat mata bengkak, diare, atau muntah – muntah. Sementara, karena susu ibu hamil memang dibuat khusus agar bermanfaat untuk ibu dan bayi, maka kemungkinan untuk bayi mengalami reaksi alergi jadi lebih kecil.

Selain itu, bayi, terutama yang baru lahir membutuhkan vitamin D yang cukup banyak untuk kesehatan. Ibu yang sudah mendapatkan vitamin D yang cukup selama mengandung saja tetap disarankan untuk menkonsumsi suplemen vitamin ketika bayi sudah lahir dan ibu menyusui. Berarti, jika ketika mengandung ibu tidak mendapat asupan vitamin D yang cukup, ibu harus memenuhi kebutuhan vitamin D yang lebih banyak ketika menyusui.

Sumber vitamin D yang umum diketahui orang adalah dari sinar matahari pagi. Karena itu, ibu memang disarankan untuk meluangkan waktu untuk berjalan keluar rumah di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Sumber lainnya, pastilah susu ibu hamil, yang jika diminum ketika ibu mengandung bisa membantu mencukupi vitamin D yang dibutuhkan.


Kalau sekarang ibu masih mengandung dan ingin agar nutrisi yang diperlukan ketika nanti menyusui tercukupi, ibu perlu mulai menyiasatinya dari sekarang. Jagalah kondisi tubuh ibu dan makan makanan sehat yang bergizi karena manfaatnya tidak hanya didapatkan ibu, tetapi juga oleh bayi ibu nanti. Jika ibu tidak yakin nutrisi apa saja yang akan dibutuhkan ketika menyusui dan apakah kebutuhannya sudah tercukupi, ibu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter hamil dan jangan lupa juga untuk minum susu ibu hamil selagi ibu masih mengandung.

No comments:

Post a Comment