Monday, October 19, 2015

5 Nutrisi Ibu Hamil Yang Paling Penting


Susu ibu hamil mengandung berbagai nutrisi penting, tapi tidak semua produk susu memiliki kandungan lengkap. Cermati apakah susu moms sudah mengandung folat, kalsium, vitamin D, protein dan zat besi.


Terpenuhinya nutrisi penting untuk ibu hamil dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan ibu dan janin. Selama kehamilan, porsi nutrisi yang dibutuhkan tidak serta merta melonjak jadi dua kali lipat. Untuk trismester keduan, moms hanya
perlu menambahkan 340 kalori per hari dari porsi makan sebelum hamil. Sedangkan pada trimester ketiga, moms membutuhkan tambahan 450 kalori.

Di samping mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian, rutinlah meminum susu ibu hamil untuk menyokong kesehatan moms dan janin. Selain itu, pemenuhan akan protein tanpa lemak dan lemak sehat juga dibutuhkan.

Susu untuk ibu hamil yang baik seharusnya mengandung nutrisi penting berikut.
  •      Folat

Asam folat atau biasa disebut folat adalah vitamin B. Fungsi dari folat adalah membantu mencegah kecacatan pada bayi saat lahir nanti. Kurangnya nutrisi penting ini bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada sistem saraf, kelainan serius pada otak, dan berefek negatif pada sumsum tulang belakang.  Asam folat sendiri adalah bentuk sintetis folat yang bisa didapatkan dalam suplemen makanan yang diperkaya folat. Pemenuhan asa folat juga penting agar potensi kelahiran prematur pada bayi bisa diperkecil.

  •       Kalsium

Kebutuhan akan kalsium juga wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Nutrisi ini penting buat ibu hamil karena perannya sebagai penguat tulang. Ibu hamil dan janin dalam perut mereka membutuhkan kalsium yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga memiliki peran penting lain berupa memperlancar peredaran darah, sistem otot, dan menormalkan sistem saraf.

  •       Vitamin D

Agar penyerapan kalsium berjalan efektif, maka diperlukan vitamin D. Vitamin ini akan mempermudah tubuh untuk melakukan penyerapan kalsium. Dengan demikian, pertumbuhan tulang dan gigi bayi akan optimal jika kebutuhan vitamin D tercukupi.

  •      Protein

Kurangnya protein akan menyebabkan janin tidak tumbuh optimal. Pemenuhan kebutuhan akan protein wajib dipenuhi terutama agar pertumbuhan bayi dalam kandungan tidak terganggu. Fase terpenting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan protein adalah saat trimester kedua dan ketiga.

  •       Zat Besi

Ibu hamil membutuhkan zat besi guna pembentukan hemoglobin. Hemoglobin sendiri bisa didefinisikan sebagai protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.  Selama masa hamil, volume darah ibu hamil cenderung lebih banyak karena perubahan tubuh dan adanya bayi dalam kandungan. Secara umum, kebutuhan tubuh akan nutrisi ini pada ibu hamil menjadi dua kali lipat dari kebutuhan normal, sebab janin juga membutuhkan hal yang sama. Gejala paling umum dari kurangnya zat besi adalah mudah lelah dan rentan terhadap infeksi. Kurangnya zat besi juga dipercaya akan meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau berat badan bayi di bawah standar.


Pemenuhan nutrisi penting untuk ibu hamil di atas sesungguhnya mudah. Moms bisa mendapatkannya dari sayuran, buah, dan biji-bijian, serta susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment