Tuesday, October 20, 2015

Cermati Perubahan Fisik Yang Terjadi Ibu Hamil


Susu ibu hamil membantu perkembangan fisik moms ke arah normal. Susu juga membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan seiring nutrisi yang dikonsumsi moms ditransfer ke janin. Apa saja ya perkembangan fisik yang terjadi selama ibu mengandung?





Perubahan hormon pada ibu hamil yang dimulai sejak trimester pertama akan menyebabkan banyak perubahan yang mencakup area perut, kuku, rambut, serta payudara. Perubahan fisik ini sejatinya adalah mekanisme alami tubuh agar siap menghadapi fase kehamilan serta fase melahirkan dan menyusui nantinya.

Perubahan pada perut sudah merupakan pengetahuan umum, perut membesar karena
janin yang terus tumbuh. Oleh karena itu, di sini kita akan lebih membahas rambut, kuku, serta payudara.


Rambut

Sebagian ibu hamil mengalami kerontokan rambut yang berlebihan karena perubahan hormon dalam tubuh. Risiko kerontokan ini kian besar jika ibu hamil tersebut berasal dari keluarga yang memiliki riwayat alopecia perempuan. Alopecia sendiri adalah nama medis dari kebotakan. Kerontokan rambut juga dapat terjadi pada beberapa bulan atau beberapa tahun pertama sesudah anak lahir.

Tidak perlu dirisaukan, moms tidak membutuhkan obat-obatan untuk rambut rontok. Cukup lakukan perawatan pada rambut dengan memberinya lidah buaya, minyak orang-aring, atau minyak kemiri. Konsumsi kacang hijau juga dipercaya dapat membantu kondisi ini. Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang mencakup protein, asam folat, asam lemak, kalsium, zat besi, serta prebiotik. Asupan nutrisi yang baik serta konsumsi susu ibu hamil dapat membantu fisik moms tetap fit selama kehamilan.

Di sisi lain, banyak juga ibu hamil yang mungkin mengalami pertumbuhan rambut di daerah-daerah tertentu, bahkan di daerah yang mungkin tidak diinginkan.  Beberapa daerah yang sering mengalami pertumbuhan rambut berlebih selama hamil antara lain adalah wajah, lengan, kaki, atau punggung.  Tidak usah cemas, hal ini biasanya akan kembali normal setelah bayi lahir.


Kuku

Selain rambut, pertumbuhan kuku yang lebih cepat juga dialami oleh beberapa perempuan saat menjalani kehamilan. Kuku juga menjadi lebih mudah patah, rusak, berbintik putih, dan bergaris-garis. Untungnya, hal ini bisa diantisipasi dengan memenuhi nutrisi ibu hamil.

Meski penggunaan produk kosmetik kuku yang mengandung zat kimia dinilai aman, namun lebih baik menghindarinya. Lakukan pola makan yang sehat dan seimbang, konsumsi buah, sayur, serta susu ibu hamil. Gizi yang baik bisa mencegah atau meringankan kerusakan pada rambut dan kuku.


Payudara

Perempuan yang sedang hamil juga akan mengalami beberapa perubahan yang signifikan pada payudara. Hal ini merupakan cara tubuh mempersiapkan suplai Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi nantinya. Ukuran payudara pun kian membesar. Jangan heran bila ibu hamil mengalami keluarnya cairan seperti susu dari puting payudara. Hal ini karena ASI sudah mulai diproduksi.

Kulit di sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, dan puting menjadi lebih sensitif yang disertai nyeri. Selain itu, pembuluh payudara kian jelas terlihat serta kemungkinan munculnya kerutan atau biasa disebut dengan stretch mark.


Perubahan fisik di atas merupakan hal yang normal, moms. Yang terpenting adalah perhatikan pola makan dan olah raga ringan secara teratur. Selain mengonsumsi buah dan sayur, moms juga perlu memenuhi kebutuhan gizi dengan rutin meminum susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment