Thursday, October 1, 2015

Berapa Takaran Ideal Kalsium Dalam Susu Ibu Hamil?


Temukan Takaran Kalsium Ideal Dalam Susu Ibu Hamil



Susu ibu hamil tentu mengandung kalsium. Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium. Tapi berapa yah moms asupan kalsium yang kita perlukan?




USRDA atau The United States Recommended Daily Allowance mengajurkan ibu hamil yang usianya dia atas 18 tahun untuk mengonsumsi 1000 miligram kalsium per hari. kesannya banyak banget yah moms? Tapi kita bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan caranya meminum 2-4 gelas susu ibu hamil per hari. Segelas susu
biasanya mengandung sekitar 300 mg kalsium.

Moms juga bisa melihat aturan minum susu yang tertera di kemasan, biasanya tertera berapa konsumsi harian yang direkomendasikan. Ini karena ada juga susu ibu hamil yang tinggi kalsium, sehingga mungkin konsumsinya tidak perlu sampai 4 gelas per hari.

Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil
Kita sangat memerlukan kalsium guna memiliki tubuh yang kuat di masa depan. Kalsium penting karena dapat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Di samping itu, pentingnya kalsium juga telah menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Organisasi tersebut sangat merekomendasikan asupan kalsium bagi ibu hamil, terutama bagi ibu yang berisiko mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan. Sementara itu, penelitian lainnya menemukan bahwa konsumsi kalsium dapat mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi.

Wanita yang berisiko tinggi mengalami preeklamsia antara lain adalah mereka yang kegemukan, memiliki diabetes, pernah mengalami preeklamsia pada kehamilan sebelumnya, memiliki penyakit autoimun, ataupun wanita yang hamil pada saat usianya sudah tua.

Manfaat Kalsium Untuk Janin
Sementara itu, janin juga membutuhkan kalsium untuk membentuk dan mengembangkan organ-organnya. Dengan kalsium yang cukup, jantung janin dapat terbentuk sempurna dan ritmenya juga normal. Selain itu, kalsium juga membantu membangun sistem saraf dan otot yang sehat untuk janin. Dan fungsi kalsium yang paling populer adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Namun, di samping minum susu ibu hamil secara rutin, moms juga harus memastikan tercukupinya minum air putih yah. Selain itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kalsium. Kalsium yang berlebihan dapat mengundang konstipasi dan meningkatkan risiko batu ginjal. So, kalau moms sudah minum susu ibu hamil, mungkin moms tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen kalsium. Atau untuk lebih amannya moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter apakah perlu mengonsumsi suplemen kalsium atau tidak.
Jangan lupa, setelah kita melahirkan kita masih membuthkan asupan kalsium 1000 mg yah moms. So, sebaiknya moms melanjutkan konsumsi kalsium. Moms dapat mengganti susu ibu hamil dengan susu ibu menyusui agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi.

Di samping konsumsi kalsium, moms juga perlu memperhatikan asupan vitamin D. Karena vitamin D ibarat manager bagi kalsium. Vitamin D yang mengatur penyerapan kalsium dalam tubuh. Bila kekurangan vitamin D, kalsium yang sudah moms konsumsi mungkin tidak dapat terdistribusi dengan baik. Bahkan janin bisa ikut kekurangan kalsium.

Sebenarnya vitamin D dapat diprosuksi di dalam tubuh bila tubuh mendapat sinar matahari yang cukup. Tapi sinar matahari pagi yang bersahabat yah moms, bukan sinar matahari di siang yang terik. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, moms juga bisa mendapatkannya dari susu ibu hamil yang sudah ditambahkan vitamin D oleh produsen susu. Moms bisa mengeceknya pada label di kemasan susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment