Monday, October 26, 2015

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Ibu Hamil


Susu ibu hamil diperlukan untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu, serta membantu tumbuh kembang fisik janin. Sementara itu, musik ibarat makanan jiwa yang membantu perkembangan otak janin sekaligus membuat moms rileks. Oleh karena itu, baik susu maupun musik penting untuk moms.




Mendengarkan musik ketika mengandung dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi yang seringkali dialami oleh para bumil alias ibu hamil. Bukti manfaat mendengarkan musik bagi perempuan yang sedang mengandung tersebut diperoleh dari sebuah penelitian di Taiwan.


Penelitian yang melibatkan 236 wanita hamil ini mengharuskan para mommy tersebut untuk mendengarkan musik selama 30 menit setiap hari selama dua minggu berturut-turut.  Ternyata hasilnya adalah para ibu merasa perasaan tertekan, cemas, atau depresi menjadi
berkurang secara signifikan setelah mendengarkan musik, dibandingkan dengan tidak mendengarkan musik. Studi ini sendiri dilakukan oleh para peneliti di di College of Nursing di Kaohsiung Medical University, dan diterbitkan dalam Journal of Clinical Nursing.


Musik Apa dan Kapan Mendengarkannya?

Yuk, kita dengarkan musik, moms! Jangan lupa ajak si kecil untuk ikut mendengarkan ya moms. Caranya, tempelkan headphone di perut kita untuk beberapa menit. Musik yang baik pada dasarnya adalah yang mengalun lembut dan volume suranya juga tidak terlalu kencang ya moms. Kita bisa mendengarkan musik klasik, suara alam, lagu tradisional, hingga lagu pengantar tidur.

Untuk waktunya, kita bisa menyetel musik saat istirahat, saat santai, atau bahkan saat sedang suntuk. Bagi ibu hamil yang juga wanita karir, mendengarkan musik bisa dilakukan saat bekerja.


Susu Ibu Hamil Apa dan Kapan Meminumnya?

Kehamilan sendiri merupakan masa yang unik dimana kita merasakan tumbuh dan berkembangnya suatu kehidupan berharga dalam diri kita. Banyak para bumil yang merasa cemas memikirkan kesehatan janin dalam kandungannya. Hal itu adalah normal moms. Namun, jangan sampai cemas berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan bayi dalam kandungan dan kesehatan moms juga.

Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin untuk memantau kesehatan ibu dan janin. Selain itu, penuhi nutrisi ibu hamil dengan pola makan sehat dan seimbang yang mencakup buah, sayuran, serta susu.

Minumlah susu ibu hamil minimal dua gelas sehari, satu untuk pagi hari, dan satu gelas untuk malam hari sebelum tidur. Kandungan susu seperti protein, asam folat, kalsium dan zat besi diperlukan untuk tumbuh kembang anak dalam kandungan.


Selain nutrisi di atas, moms juga memerlukan asam lemak yang membantu perkembangan sel-sel yang normal, serta nukleotida dan prebiotik yang bertugas menjaga kesehatan pencernaan. Tidak semua susu memiliki kandungan nutrisi tersebut. Oleh karena itu, cermati informasi gizi yangn terkandung dalam susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment