Sunday, November 1, 2015

Penuhi Nutrisi Ibu Hamil Dan Jauhi Makanan Ini



Nutrisi untuk ibu hamil dapat dipenuhi dengan melakukan pola makan yang sehat dan seimbang serta dilengkapi susu. Di samping itu, perhatikan beberapa makanan yang dianjurkan untuk dihindari atau dikonsumsi secara hati-hati selama kehamilan. Makanan tersebut terutama yaitu makanan laut.


Sejatinya makanan laut merupakan sumber protein dan omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan otak janin. Namun, saat makanan laut mengandung merkuri di atas normal, itu tak layak dijadikan sebagai asupan nutrisi untuk ibu hamil. Terlalu banyak merkuri dapat membahayakan mengembangkan sistem saraf pada janin.

Makanan Yang Biasanya Mengandung Merkuri
Merkuri mungkin bersarang di udang, salmon, lele, teri, dan ikan forel.  Selain itu, merkuri dalam jumlah besar yang melampaui batas normal biasanya terkandung dalam ikan berumur tua. Makin panjang umur ikan, makin besar kemungkinan mengandung banyak merkuri. Untuk itu, beberapa jenis ikan berumur panjang disarankan lebih baik dihindari oleh ibu hamil. Ikan-ikan tersebut antara lain ikan todak, hiu, dan king mackerel.

Sebaiknya ibu hamil megonsumsi makanan bermerkuri. Bila ibu hamil ingin mengonsumsi makanan laut, pastikan terjaga kebersihan dan kandungan makanannya. Sebagai alternatif, ibu hamil dapat mengonsumsi ikan tuna kalengan dan perhatikan informasi gizi yang ada di kemasannya.

Makanan Yang Kurang Matang
Wanita hamil dianjurkan untuk menghindari makanan laut yang kurang matang atau tidak dimasak sama sekali. Hal ini agar ibu hamil terhindar dari bakteri berbahaya dan virus yang mungkin terkandung dalam makanan tersebut. Beberapa jenis makanan seperti ini antara lain sushi, sashimi, tiram mentah, dan kerang mentah. Daging sapi, dan berbagai macam daging lainnya juga sebaiknya dimasak hingga matang.

Ikan atau kerang harus dimasak dalam suhu 63 derajat Celcius agar bakteri atau virus di dalamnya mati. Untuk udang, lobster, atau kerang, harus dimasak hingga berwarna putih susu atau cangkangnya terbuka. Jika sesudah dimasak ada kerang atau tiram yang tidak terbuka, maka moms dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya.

Menghindari masakan di atas tentu saja tidak akan mengurangi pemenuhan nutrisi ibu hamil sebab masih banyak sumber makanan lain seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Dan tentu saja, moms, jangan lupakan susu ibu hamil.


Di dalam susu, terdapat banyak kandungan gizi yang kita butuhkan seperti kalsium, zat besi, zinc, vitamin, protein, prebiotik, serta nukleotida. Pastikan semua nutrisi tersebut ada di dalam susu kita yah, cek di label kemasan susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment