Friday, March 11, 2016

3 Manfaat Asam Folat Susu Ibu Hamil selain Mencegah Cacat Saraf

Susu ibu hamil mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Coba ibu sebutkan apa saja nutrisi yang ibu ketahui ada di dalam susu kehamilan. Vitamin, kalsium, protein, AA dan DHA, omega 3. Tentu masih banyak lagi, bukan? Tapi apakah ibu tahu apa itu asam folat serta apa fungsi utama dari asam folat?


Jika ibu memperhatikan betul pentingnya menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan, ibu pasti akan cari tahu apa saja yang harus ibu lakukan setiap hari. Salah satunya adalah memastikan asupan nutrisi berupa asam folat tercukupi dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil. Asam folat ini penting sekali untuk mencegah cacat saraf anak. Itu manfaat yang sering diketahui oleh masyarakat.

Akan tetapi, tahukah ibu bahwa ada 3 manfaat penting sekali yang bisa diberikan oleh asam folat di dalam susu ibu hamil? Berikut info selengkapnya.

Mencegah Kekurangan Berat Badan
Salah satu masalah yang harus diantisipasi selama masa kehamilan adalah turunnya berat badan. Tahukah ibu kenapa hal tersebut terjadi?

Dari berbagai faktor penyebab turunnya berat badan saat hamil, ternyata faktor yang paling sering terjadi adalah karena kekurangan asam folat. Mungkin selama ini ibu mengira turunnya berat badan saat hamil dikarenakan kurangnya asupan makanan karena sering muntah setiap kali mengkonsumsi makanan. Memang hal tersebut juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Akan tetapi, yang paling penting untuk diantisiapasi adalah berat badan yang turun karena kurangnya asupan nutrisi berupa asam folat.

Untuk itu, penting bagi ibu untuk memilih serta mengkonsumsi susu ibu hamil secara rutin jika ibu tidak ingin hal tersebut terjadi. Ibu juga perlu tahu apakah berat badan ibu yang turun atau janin dalam kandungan tidak berkembang maksimal sehingga berat badan bayi dalam kandungan yang turun.

Mencegah Kelahiran Prematur
Siapapun ingin bayinya lahir secara normal. Tidak satupun ibu yang menginginkan bayinya lahir lebih cepat atau prematur meskipun ia sangat merindukan kehadiran sang buah hati.

Kelahiran prematur sangat beresiko. Pasalnya, bayi yang lahir dalam keadaan prematur mudah sekali terserang penyakit dan bahkan tidak sedikit yang akhirnya meninggal dunia. Hal ini dikarenakan perkembangannya yang kurang sempurna tapi sudah keluar dari rahim sang bunda.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan ibu mengkonsumsi susu kehamilan yang salah satu nutrisi ibu hamil berupa asam folat jumlahnya mencukupi setiap hari. Jika perlu, ibu juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat seperti bayam, kacang pinto, kacang merah, kubis brussel, jus jeruk, dan lain sebagainya. Ibu harus tahu bahwa jumlah asam folat yang harus ibu penuhi selama masa kehamilan sekitar 400 – 600 mcg.

Mencegah Keguguran
Sebenarnya yang satu ini ada hubungannya dengan yang lain. Ketika berat badan janin turun, itu artinya ada kemungkinan perkembangan janin dalam kandungan tidak maksimal. Jika itu terjadi dan tidak segera diantisipasi, maka yang terjadi adalah bayi lahir dalam keadaan cacat dan bahkan keguguran jika janin tidak berkembangan optimal.

untuk itu, penting sekali selama kehamilan ibu mengkonsumsi susu ibu hamil. Lihat pada label dan pastikan kandungan asam folatnya sesuai dengan ketentuan dokter kandungan.


Jika ibu sudah memilih susu kehamilan terbaik, pasti kandungan asam folatnya sudah disesuaikan dengan anjuran ahli gizi. Untuk itu, pastikan konsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment