Thursday, March 17, 2016

Jika Tahu Ada Kasus Seperti Ini, Pasti Tidak Ada yang Mau Berhenti Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil memang belum dikonsumsi oleh semua wanita yang sedang mengandung, terutama yang tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat kesadaran akan penting kesehatan ibu hamil yang rendah. Tentu saja membuat mereka sadar akan pentingnya mengkonsumsi susu kehamilan itu sangat sulit. Hanya saja, bukan berarti tidak ada cara untuk membuat mereka paham, bukan?


Salah satunya dengan cara menunjukkan akibat yang mungkin terjadi jika seorang wanita hamil tidak mengkonsumsi susu ibu hamil. Setidaknya ada tiga kasus yang sering terjadi ketika seorang ibu hamil tidak mau minum susu kehamilan.

Tiga Kasus yang Membuat Setiap Wanita Hamil Mau Minum Susu
Sebenarnya ada banyak hal membahayakan yang mungkin terjadi jika seorang wanita hamil tidak mengkonsumsi susu ibu hamil. Hanya saja, dari sekian banyak hal tersebut, tiga kasus ini yang sering terjadi.

Yang pertama adalah keguguran. Mungkin ibu tidak percaya lantaran banyak juga ibu hamil yang tinggal di sekitar rumah ibu yang tidak mengkonsumsi susu tapi bayi lahir sehat.

Tentu saja ada pengecualian. Ada yang bayi yang selamat tapi banyak bayi yang akhirnya meninggal sejak ada di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan bayi tidak mampu berkembang secara sempurna di dalam kandungan akibat tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika ibu tidak mengkonsumsi susu ibu hamil, bukan tidak mungkin bayi tidak berkembang dan akhirnya keguguran karena nutrisi di dalam susu sangat lengkap.

Sebenarnya keguguran itu dikarenakan keadaan yang tidak berkembang saat masih ada di dalam kandungan. Meskipuan ada banyak sekali faktor penyebabnya, salah satu penyebab yang paling berpengaruh adalah kurangnya asupan nutrisi dari susu ibu hamil.
Jadi, apakah ibu masih malas mengkonsumsi susu kehamilan?

Bayi lahir cacat
Kasus yang satu ini pun tidak sedikit terjadi, yaitu bayi lahir dalam keadaan cacat, entah cacat mental maupun cacat fisik. Cacat mental biasanya dikarenakan kurangnya asupan nutrisi ibu hamil berupa asam folat. Sementara itu, cacat  fisik sering disebabkan kurangnya vitamin D dan kalsium. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada pengaruh dari nutrisi yang lain, asam foalt, vitamin D, serta kalsium berperan sangat signifikan dalam kasus ini.

Sebenarnya, tidak sulit kok untuk mencukupi tiga nutrisi tersebut. Ketiganya sudah ada di dalam susu ibu hamil. Jika kurang, ibu bisa mencari menu makanan sehat ibu hamil yang mengandung tiga nutrisi tersebut. Mudah, kan?

Bayi Prematur
Bukan bayi prematur yang menjadi masalah, tapi menjaga kesehatan bayi prematur yang sulit. Bayi yang lahir prematur biasanya dikarenakan adanya kondisi tertentu sehingga dokter menyarankan agar bayi dilahirkan segera. Bayi akan mendapatkan perawatan khusus dalam tabung dengan suhu yang disesuaikan dengan suhu di dalam rahim.

Tapi, tabung tersebut ciptaan manusia. Sementara rahim itu ciptaan Tuhan. Tentu ada bedanya. Untuk menjaga perkembangan bayi prematur di dalam tabung, diperlukan kehati-hatian. Jika salah sedikit saja, maka bayi bisa meninggal. Beda jika si kecil masih ada di dalam rahim di mana perkembangannya sudah diatur secara natural.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut terjadi pada bayi ibu, bukan? Untuk itu, ibu harus rajin minum susu ibu hamil.


“Susu untuk ibu hamil sering membuat mual”. Itu alasan yang sering dilontarkan banyak wanita hamil. Tapi, apakah ibu menyerah dengan hal tersebut lalu berhenti mengkonsumsi susu ibu hamil?

No comments:

Post a Comment