Monday, March 7, 2016

Susu Ibu Hamil untuk Mengatasi Mood Swings

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil bukan hanya minuman yang wajib dikonsumsi saat mengandung hanya untuk memastikan nutrisi si kecil dalam kandungan terpenuhi lho. Ternyata, ada banyak manfaat lain dari mengkonsumsi susu kehamilan ini. Jadi, ibu harus mengetahui hal ini.



Salah satunya adalah manfaat susu ibu hamil untuk mengatasi mood swings. Apakah ibu tahu apa itu mood swings? Berikut penjelasannya.

Ibu hamil dan Mood Swings
Mood swings merupakan perasaan yang sering berubah-ubah. Terkadang ibu merasa senang tapi tiba-tiba menjadi suka marah. Apakah ibu pernah mendapatkan keluhan dari suami karena sering marah tanpa ada alasan? Jika ya, maka selama mengandung saat ini, ibu sudah mengalami mood swings.

Sebenarnya, mood swings ini merupakan keadaan yang wajar. Beberapa ahli kesehatan kandungan mengatakan bahwa mood swings ini dipengaruhi oleh hormone. Seperti halnya morning sickness, mood swings juga muncul akibat produksi hormone yang semakin tinggi.

Akan tetapi, bukan itu saja faktor pemicunya. Selain produksi hormone yang semakin tinggi, faktor penyebab lainnya adalah psikologis ibu sendiri. Merasa tertekan dengan pekerjaan, khawatir akan kesehatan janin dalam kandungan, serta ketakutan tentang bagaimana membesarkan anak nanti setelah dilahirkan juga mempengaruhi munculnya mood swings.

Terlepas dari faktor penyebab itu semua, susu ibu hamil hadir sebagai obat. Pasalnya, dengan mengkonsumsi susu tersebut, setidaknya ibu akan merasa tenang. Tenang karena nutrisi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan butuhkan sudah terpenuhi, bukan?

Jadi, jika ibu sering merasa stress dan mood swings setelah pulang kerja misalnya, ibu tinggal buat saja susu ibu hamil dan istirahat. Maka, mood swings akan hilang.

Cara Lain untuk Mengatasi Mood Swings
Di berbagai forum ibu hamil, banyak ibu-ibu hamil yang saling sharing seputar tips mengatasi keluhan saat hamil, terutama mood swings. Banyak dari mereka yang menyarankan agar ibu hamil harus selalu berpikir positif. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mood swings juga bisa disebabkan oleh kekhawatiran. Oleh karena itu, untuk menghilangkan rasa khawatir tersebut, ibu harus berpikir positif.

Agar ibu selalu positive thinking, ibu bisa melakukan berbagai macam cara seperti banyak membaca buku tentang motivasi, buku tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik, dan lain sebagainya. Atau, ibu bisa ikut diskusi di forum ibu hamil setidaknya untuk mengisi waktu luang daripada memikirkan hal-hal yang negatif.

Selain berpikir positif dan mengkonsumsi susu ibu hamil, cuek juga bisa menjadi obat mujarab untuk mengatasi mood swings. Sayangnya, tidak banyak yang bisa cuek. Hanya wanita yang karakternya cuek yang bisa melakukan hal tersebut.

Yang jelas, fokus menjaga kesehatan kehamilan dengan cara beraktifitas positif seperti baca buku, ikut senam ibu hamil, jalan santai, dan lain sebagainya bisa mengalahkan mood swings ini.
Mungkin saja ibu juga perlu peran orang-orang yang ada di dekat ibu, seperti suami, orang tua, atau teman. Dalam hal ini, ibu bisa meminta orang terdekat untuk mengajak ibu agar selalu berpikir positif supaya tidak mengalami mood swings. Ibu bisa meminta suami misalnya untuk mengajak ibu menonton film seminggu sekali. Mintalah suami untuk menemani jalan santai pada waktu weekend  agar bisa melepas penat dan pikiran ibu bisa fresh kembali.

Jadi itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar tidak mengalami mood swings. Dan yang pasti, sebagai calon ibu yang baik, ibu harus pastikan nutrisi untuk perkembangan janin terpenuhi dengan cara selalu mengkonsumsi susu ibu hamil.


No comments:

Post a Comment