Tuesday, March 15, 2016

Baiknya Minum Susu Ibu Hamil untuk Kandungan

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Tahukah anda ada banyak sekali manfaat menkonsumsi susu ibu hamil? Kandungan kalsium, protein, vitamin D dan kandungan lainnya yang terdapat didalam susu ibu hamil pastinya akan membawa banyak manfaat kalau dikonsumsi setiap hari, maupun itu untuk anaknya atau untuk ibu yang mengandung.

Tulang yang lebih kuat tentunya sangat diperlukan ibu hamil selama mengandung, karena berat tubuh yang lebih dari biasanya. Apalagi, ketika melahirkan pastinya ibu harus memiliki tulang punggung dan pinggul yang juga sangat kuat. Menkonsumsi susu secara teratur akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium tinggi ibu hamil supaya kuat. Manfaat asupan kalsium yang cukup juga tidak hanya untuk selama masa kehamilan pastinya, karena kalsium bisa membantu mencegah terjadinya osteoporosis di usia lanjut dan masalah – masalah tulang lainnya.

Itu hanya sebagian kecil dari banyaknya manfaat kalsium yang didapat dari menkonsumsi susu setiap hari. Studi telah menemukan bahwa bayi – bayi yang lahir dari ibu yang menkonsumsi susu secara rutin selama mengandung akan tumbuh lebih tinggi saat mereka mencapai usia dewasa. Studi yang sama juga menemukan tingkat insulin yang lebih tinggi didalam tubuh, yang berarti mereka akan lebih jauh dari terkena resiko diabetes.

Menkonsumsi susu ibu hamil yang rutin juga bisa membantu mencukupi kebutuhan yodium untuk perkembangan otak bayi didalam kandungan. Yodium yang cukup untuk menyempurnakan perkembangan otak pastinya akan menghasilkan level I.Q. anak yang lebih tinggi, meningkatkan perkembangan kognitif dan kemampuan belajar membaca.

Kandungan penting lainnya yang juga terdapat didalam susu ibu hamil adalah protein, yang juga termasuk salah satu zat yang sering diabaikan. Dengan menkonsumsi tiga sampai empat porsi protein setiap harinya adalah salah satu kunci utama untuk kehamilan dan bayi yang sehat. Pada umumnya, protein bisa didapat dari daging – dagingan, mau itu daging sapi, ayam, ikan atau kambing. Makanan yang juga mengandung kadar protein tinggi adalah telur dan kedelai, serta produk – produk yang dihasilkan kedelai seperti tahu dan tempe. Walaupun sepertinya bahan makanan protein yang sudah disebutkan tadi sudah umum dan banyak dikonsumsi, ternyata kebutuhan tubuh akan protein lumayan banyak dan masih sering tidak tercukupi. Karena itu, menkonsumsi susu ibu hamil sangat membantu mencukupi kebutuhan protein yang kurang.

Kenapa ibu hamil perlu menkonsumsi protein yang cukup? Protein adalah zat yang sangat penting untuk pertumbuhan, apalagi untuk pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan. Selama timester terakhir kehamilan, otak bayi yang sedang berkembang sangat membutuhkan zat – zat penting yang akan membuat perkembangan jadi lebih optimal. Protein juga adalah sumber zat besi, yang punya peran penting dalam membentuk dan menjaga daya tahan tubuh yang kuat. Apalagi, ketika hamil biasanya volume darah ibu akan lebih banyak dari biasanya dan zat – zat yang terkandung dalam protein akan membantu agar tubuh menghasilkan jumlah sel darah merah yang tepat.


Manfaat – manfaat menkonsumsi susu untuk kehamilan yang sudah disebut diatas hanya sebagian, masih banyak lagi nutrisi yang masih belum disebutkan. Tapi ingat, walaupun sudah banyak sekali kandungan nutrisi yang ada, ibu tetap perlu menkonsumsi makanan sehat lainnya supaya kebutuhan nutrisi dan vitamin sehari – hari bisa tercukupi. Yang tidak kalah penting, ibu harus minum air putih setidaknya 8 gelas sehari sebagai tambahan susu ibu hamil agar tidak dehidrasi.

No comments:

Post a Comment