Tuesday, March 15, 2016

Panduan Memilih Asupan Kaya Nutrisi selain Susu Ibu Hamil




Susu ibu hamil di gadang – gadang sebagai salah satu penyumbang nutrisi ibu hamil yang sangat perlu untuk di konsumsi. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan diantara kalangan ibu muda yang sedang mengandung. Beberapa diantaranya bertanya, bagaimana dengan ibu yang tidak menyukai susu? Di sisi lain juga ada yang melontarkan keresahan tentang bagaimana dengan mengganti asupan lain yang nutrisinya sama dengan susu tersebut?
Faktanya, susu ibu hamil justru tidak wajib di konsumsi. Karena yang terpenting bagi wanita hamil seperti anda adalah konsumsi asupan yang kaya nutrisi dari sumber alami untuk mendukung perkembangan janin dan kehamilan. Sehingga, anda pun masih bisa kok mendapatkan nutrisi yang ada pada susu tersebut dari makanan yang kaya serat, mineral, dan vitamin.

Oleh karena itu, simak ulasan berikut terkait dengan panduan dalam memilih asupan apa yang sebaiknya anda konsumsi dan hindari selama masa kehamilan.

1.     Menghindari Jenis Makanan Mentah

Siapa diantara anda yang sangat menyukai Sushi, Sashimi, hingga telur setengah matang? Ya, jenis makanan tersebut sebaiknya anda hindari dari daftar makanan yang harus anda konsumsi pasalnya, seorang wanita hamil tidak di sarankan untuk mengonsumsi makanannya yang mentah bahkan setengah matang sekalipun. Hal tersebut dilansir oleh Mayo Clinic, yang menyatakan bahwa resiko dari mengonsumsi makanan mentah dan kurang matang secara maksimal dapat membuat janin anda berinteraksi dengan bakteri yang berbahaya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Food and Drug Administration (FDA). Sumber tersebut menyatakan bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari jenis ikan yang mengandung banyak merkuri seperti ikan hiu contohnya. Oleh karena itu moms, meskipun kelembutan daging ikan tuna atau salmon mentah yang dibalut dengan nasi jepang ternyata tidak memberikan dampak yang baik bagi diri dan kesehatan si kecil dalam kandungan.

Di lain sisi, Mayo Clinic, justru menyarankan untuk konsumsi salmon dan tuna ternyata sangat baik bagi ibu hamil. Hal tersebut di sebabkan oleh kandungan lemak omega – 3 serta protein yang tinggi. Namun, disebutkan pula, yang terpenting adalah penyajiannya. Sushi merupakan salah satu cara penyajian tuna dan salmon yang tidak baik, karena tidak di masak secara matang. Namun, jika tuna dan salmon tersebut dibuat dengan cara hingga matang 100%, maka nutrisinya akan sangat berguna bagi ibu hamil.

2.     Banyak Mengonsumsi Brokoli, Bayam, dan Sayuran Hijau Lainnya

Ya, makanan selanjutnya adalah brokoli, bayam, dan sayuran hijau lain. Ketiga jenis makanan tersebut dilansir memiliki nutrisi yang boleh di bilang, juara khususnya bagi para wanita hamil seperti anda sekarang.

Mengapa demikian, alasannya sangat simpel. Sayuran, apapun jenisnya, sangatlah baik untuk untuk pencernaan karena mengandung banyak serat. Sehingga anda akan terhindar dari sembelit. Selain itu, anda juga harus mengonsumsi bayam dan brokoli karena tingginya zat besi. Zat besi sangat berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu, zat besi juga dapat menutrisi plasenta sebagai jalur makanan anak agar fungsinya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Zat besi juga dapat anda temukan susu ibu hamil.

3.     Menghindari Jus dalam Botol atau Sari Buah Kalengan

Beberapa dari anda pasti sangat sering menyimpan jus yang telah dibungkus dalam kaleng atau kardus karena jenis jus ini banyak mengandung banyak bahan kimia pengawet. Meskipun jumlahnya tidak seberapa, anda tetap harus menghindarinya agar anda dan si kecil dalam kandungan tetap terjaga kesehatannya.

Baik moms, semoga panduan makanan ibu hamil diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda yang saat ini bosan untuk mengonsumsi susu. Tapi, jangan sampai sama sekali tidak mengonsumsi susu ibu hamil ya moms!

No comments:

Post a Comment