Wednesday, March 2, 2016

Apakah Ada Hubungan antara Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil dengan Heartburn?

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil sering dikait-kaitkan dengan keluhan kesehatan yang sering dialami saat masa kehamilan. Sebut saja morning sickness. Padahal, faktor utama pemicu morning sickness bukanlah karena mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.


Belum lagi masalah heartburn. Masalah yang satu ini juga sering dialami oleh ibu hamil terutama ketika masa kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Heartburn ini juga sering dikaitkan dengan susu ibu hamil. Apakah benar mengkonsumsi susu kehamilan menjadi salah satu pemicu heartburn?

Alasan Susu Kehamilan Penyebab Heartburn
Terlalu tergesa-gesa jika membuat sebuah kesimpulan bahwa susu ibu hamil lah yang menjadi penyebab heartburn. Dalam hal ini, ibu juga tidak boleh langsung menyimpulkan hal ini. Ibu harus ketahui dulu apa itu heartburn.
Menurut ahli medis, heartburn adalah rasa panas pada bagian ulu hati dan dada. Ada juga yang mengatakan heartburn ini adalah maag. Terlepas dari itu semua, masalah yang satu ini harus diatasi. Jika tidak, kegiatan sehari-hari ibu akan terganggu karena ibu tidak nyaman dalam menjalankan aktifitas.
Lalu, apa penyebab heartburn ini? Sebenarnya ketika janin sudah besar dan perut semakin membuncit, pada saat itulah tekanan dari perut menuju ke atas sehingga menyebabkan panas pada ulu hati dan dada.
Rasa panas ini semakin parah ketika ibu mengkonsumsi makanan tertentu. Ada juga ibu hamil yang setelah mengkonsumsi susu ibu hamil, mereka merasakan hawa panas pada dada atau heartburn. Inilah mengapa susu untuk ibu hamil juga dianggap sebagai penyebab munculnya heartburn.
Para ahli medis juga mengatakan bahwa cokelat menjadi salah satu pemicu heartburn. Untuk itu, ibu sebaiknya menghindari mengkonsumsi cokelat ketika masa kehamilan memasuki trimester ketiga. Hal ini juga yang menjadi alasan banyak orang menganggap susu ibu hamil (yang kebetulan rasa cokelat) menjadi penyebab heartburn.
Jadi, bisa dikatakan kebetulan saja banyak ibu hamil yang mengkonsumsi susu kehamilan lalu muncul heartburn. Ini seperti morning sickness di mana banyak ibu hamil yang mual dan muntah setelah mengkonsumsi susu ibu hamil. Yang jelas, bukan susu menjadi faktor penyebab utamanya. Susu bukan penyebab masalah kesehatan tapi susu lah yang menjadi tercukupinya nutrisi ibu hamil.

Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Heartburn
Apakah usia kehamilan ibu sudah memasuki trimester ketiga? Jika sudah, maka besar kemungkinan ibu akan mengalami heartburn. Namun, tenang saja karena ada cara sederhana yang tepat dan cepat untuk mengatasi keluhan kesehatan yang satu ini.
Cara yang paling mudah adalah dengan mengatur posisi tidur. Ibu harus tahu bahwa rasa panas tersebut berasal dari perut lalu naik ke dada. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu bisa pastikan posisi kepala saat tidur lebih tinggi daripada kaki.
Bagaimana jika ibu sedang beraktifitas di siang hari? Tenang saja. Ibu bawa terus permen karet. Mengunyah permen karet merupakan solusi paling cepat dan tepat untuk meredakan heartburn.
Akan tetapi, jika ibu ingin mengatasi heartburn dari akar permasalahannya, maka ibu harus menjaga pola makan yang tepat. Hindari makan tergesa-gesa dan makan terlalu banyak. Ibu juga tidak boleh langsung tidur setelah makan atau minum susu ibu hamil. Jadi, sebenarnya bukan makanan atau minuman berupa susu yang menjadi faktor utama tapi kebiasaan langsung tidur setelah makan dan minum lah yang menjadi penyebab heartburn.

Apakah ibu perlu mengkonsumsi obat tertentu? Sebenarnya dengan menerapkan beberapa tips tersebut di atas, sudah cukup untuk mengatasi heartburn. Jadi, sepertinya ibu tidak perlu mengkonsumsi obat. Dan ibu juga tidak perlu khawatir mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment