Monday, July 18, 2016

Salah Kaprah Memahami Susu Kehamilan


Mungkin ibu sudah mengkonsumsi susu untuk ibu hamil setiap hari. Para dotker selalu menyarankan agar setiap ibu hamil mengkonsumsi susu.



Apa itu sudah cukup untuk memastikan janin di dalam kandungan baik? Ternyata tidak. Banyak juga ibu hamil yang mengalami keguguran walaupun sudah rutin mengkonsumsi susu. Dan susu yang dipilih pun bukan susu biasa tapi susu kehamilan yang mungkin harganya paling mahal.
Untuk sementara, ibu perlu tahu beberapa kesalahpahaman mengenai susu ibu hamil. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Susu Bukan Sumber Nutrisi Utama
Ibu pasti sering melihat iklan di mana seorang ibu hamil katanya akan sehat selalu dengan mengkonsumsi susu. Apalagi dengan iming-iming berupa janin yang akan tumbuh sehat dan pintar. Karena ada banyak sekali kandungan di dalam susu.

Namanya juga iklan, pasti menginginkan agar semua ibu hamil mau memilih produk susu tersebut. Namun, ibu tetap harus obyektif memilih produk susu. Apapun susu untuk kehamilan yang ibu pilih, ibu harus tahu susu bukan sumber nutrisi utama selama ibu mengandung.

Sumber utama nutrisi kehamilan adalah makanan. Sementara itu, susu hanya sebagai pelengkap atau suplemen saja.

Susu Bukan Penyebab Mual
Masih saja yang beranggapan bawasannya susu ibu hamil merupakan penyebab mual yang sering mereka alami.

Mual dan muntah saat hamil di dalam dunia medis disebut dengan morning sickness. Ini merupakan kondisi yang normal. Khusus untuk ibu hamil muda, mereka cenderung lebih sering mengalami mual dan muntah tersebut.

Apakah itu disebabkan minuman seperti susu atau makanan yang dikonsumsi setiap hari? Ternyata tidak.

Pada dasarnya setiap ibu hamil memiliki faktor penyebab tersendiri. Hanya saja, faktor  utamanya adalah meningkatnya hormone di dalam tubuh seorang ibu hamil. Jadi, stop menyalahkan susu ya.

Susu Tidak Seperti Obat
Mungkin ini juga yang mengakibatkan ibu sering merasa mual setiap kali minum susu. Sehingga ibu merasa susu untuk wanita hamil lah yang menjadi penyebab mual dan muntah.

Mengkonsumsi susu harusnya tidak seperti minum obat, sekali teguk. Tentu saja ibu akan merasa mual jika ibu menghabiskan satu gelas susu dalam sekali teguk.

Susu sebaiknya dikonsumsi perlahan-lahan. Hal ini diperlukan agar sistem pencernaan tidak kuwalahan dalam mencerna semua kandungan yang ada di dalam susu tersebut.

Meskipun demikian, susu untuk ibu hamil juga bisa digunakan sebagai obat jika dilihat dari sudut pandang yang lain. Pasalnya, susu bisa membuat seorang ibu hamil terhindar dari keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil seperti anemia.

Namun, ibu sebaiknya mengkonsumsi susu secara perlahan-lahan ya. Nikmati setiap tetes susu seolah-olah ibu sedang bersantai ditemani dengan secangkir teh.

Semoga informasi tersebut di atas membuat ibu mengerti bagaimana peran susu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang ibu kandung. Yang pasti, ibu harus berjuang ekstra agar kesehatan ibu selalu terjaga selama masa kehamilan.

Dalam memilih susu pun ibu harus berhati-hati. Pastikan kandungan nutrisinya lengkap. Perhatikan kandungan berupa AA dan DHA. Karena kandungan tersebut akan membuat perkembangan otak bayi di dalam rahim lebih maksimal. Ibu pasti ingin memiliki anak yang cerdas, bukan?


Dan ibu bisa mempersiapkan kecerdasan anak semenjak ia masih ada di dalam kandungan, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung AA dan DHA dan lengkapi dengan mengkonsumsi susu ibu hamil yang terbaik.

No comments:

Post a Comment