Monday, July 11, 2016

Tentang Susu Ibu Hamil yang Tidak Banyak Diketahui

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Semua orang setuju jika susu ibu hamil itu memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk perkembangan janin di dalam kandungan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan ibu hamil itu sendiri.



Akan tetapi, ada beberapa sisi lain dari susu kehamilan yang tidak banyak orang ketahui. Mungkin ibu juga belum tahu. Ingin tahu apa saja? Yuk simak penjelasan seputar susu kehamilan berikut ini.

Susu Bukan Utama
Banyak sekali iklan susu wanita hamil yang seliweran di layar TV. Produk susu dengan merk berbeda diiklankan untuk menarik lebih banyak ibu hamil. Karena banyaknya produk susu tersebut, seolah-olah susu untuk ibu hamil yang diiklankan di TV tersebut merupakan minuman yang harus dikonsumsi.

Memang benar seorang ibu hamil sebaiknya minum susu. Akan tetapi, bukan susu yang utama. Tetap saja sumber gizi atau nutrisi ibu hamil itu berasal dari makanan, bukan dari susu. Susu hanyalah komplementer atau pelengkap saja. Sumber utama nutrisi seorang ibu hamil dari makanan.

Oleh sebab itu, ibu tidak boleh termakan oleh iklan susu. Kebanyakan iklan susu menunjukkan bayi di dalam kandungan akan berkembang dan pintar jika minum susu. Hal ini disebabkan kandungan di dalam susu seperti AA dan DHA.

Hal tersebut memang benar. Namun, kandungan AA dan DHA juga bisa didapatkan dari makanan. Bahkan, makanan seperti seafood itu mengandung AA dan DHA dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang ada di dalam susu.

Jadi, jangan pernah menganggap susu itu yang paling utama. Pilih susu terbaik untuk ibu hamil namun jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Kebanyakan Minum Susu, Berbahaya
Gula itu dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena gula bisa diubah menjadi energi. Namun, bagaimana jika kadar gula di dalam tubuh seorang ibu hamil berlebihan? Tentu saja bahaya. Tidak hanya ada resiko ibu hamil mengalami obesitas, tapi juga janin di dalam kandungan bisa memiliki berat badan di atas normal. Dan hal ini bisa membuat bayi rentan terhadap penyakit diabetes ketika sudah dilahirkan nanti.

Itu hanya ilustrasi saja di mana nutrisi yang baik itu berubah menjadi malapataka jika jumlahnya terlalu banyak. Tidak hanya gula, semua nutrisi yang terkandung di dalam susu  untuk wanita hamil juga bisa berubah menjadi hal yang buruk jika berlebihan.

Itulah mengapa mengkonsumsi susu tidak boleh berlebihan. Dianjurkan susu untuk kehamilan hanya dikonsumsi dua kali saja, yaitu di pagi dan malam hari. Itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil harian. Apalagi susu bukanlah sumber nutrisi utama. Jadi, tidak ada alasan untuk terlalu banyak mengkonsumsi susu.

Susu Kedelai untuk Ibu Hamil
Kebanyakan ibu hamil mengkonsumsi susu sapi. Padahal ada lho susu kedelai. Apakah sama bagusnya? Ada beberapa hal yang membedakan antara susu sapi dengan susu kedelai. Susu sapi dianggap susu terbaik ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang lengkap mulai dari protein, vitamin, dan nutrisi untuk perkembangan janin lainnya.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan susu sapi, kandungan zat besi di dalam susu kedelai lebih tinggi. Jika masa kehamilan sudah mencapai trimester kedua atau ketiga dan ibu mengalami anemia, ibu bisa mencoba mengkonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil.


Jadi, itulah beberapa info seputar produk susu yang harus ibu ketahui. Semoga dengan info tersebut, ibu bisa tahu lebih jauh seputar susu untuk wanita hamil.

No comments:

Post a Comment