Thursday, July 14, 2016

Susu Ibu Hamil untuk Persiapan Mengahadapi Kelahiran Normal Tanpa Sakit


susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Setiap wanita pasti ingin sekali melahirkan anak secara normal. Ini hal yang sangat alamiah sekali. Hanya saja, karena kondisi tertentu, proses persalinan harus dilakukan secara tidak normal seperti dengan vacuum atau operasi caesar.



Jika masa persalinan sudah dekat dan ibu ingin sekali melahirkan anak ibu secara normal, ibu masih memiliki banyak waktu untuk mewujudkan hal tersebut. Yang pasti, jangan sampai terbesit di benak ibu untuk melakukan operasi caesar. Ibu harus merasakan nikmatnya menjadi seorang ibu dengan cara melakukan persalinan normal.

Minum Susu
Sebenarnya yang diperlukan tidak  hanya minum susu kehamilan saja. Tapi, ibu harus memastikan bawasannya tubuh ibu mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah makanan yang ibu konsumsi sudah dipastikan memberikan semua nutrisi seimbang? Jika ibu tidak yakin, maka cara yang paling mudah adalah mengkonsumsi susu ibu hamil. Karena susu ini diproduksi sesuai dengan pedoman ilmu kesehatan ibu hamil di mana semua nutrisi untuk ibu hamil sudah ada di dalam susu tersebut dan kadarnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kenapa harus susu? Ada alasan lainnya. Ternyata, susu juga akan memberikan tenaga kepada ibu. Ibu pasti sering sekali merasa lelah apalagi ketika perut ibu semakin besar dan bahkan bayi sudah siap untuk lahir. Pada saat itulah ibu akan mudah sekali merasa kelelahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, susu untuk ibu hamil akan memberikan banyak energi sehingga ibu bisa bugar dan bersemangat setiap hari. Dan ini sangat penting khususnya ketika ibu akan menghadapi persalinan normal. Karena tenaga ibu sangat diperlukan untuk mengeluarkan bayi yang ada di dalam rahim ketika ibu persalinan normal dilakukan.

Suplemen
Jika ibu tipe wanita yang sangat aktif sehingga sumber tenaga dari makanan dan susu wanita hamil saja tidak cukup, ibu boleh saja mengkonsumsi supplemen. Hanya saja, hal ini harus di bawah pengawasan dokter.

Sebaiknya ibu konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan. Hal ini untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi setelah ibu mengkonsumsi suplemen. Karena semua yang ibu konsumsi itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Dukungan
Sayangnya, kebanyakan tips yang dibagikan untuk ibu yang ingin melahirkan secara normal hanya mengungkapkan hal-hal teknis saja seperti bagaimana memasitikan tubuh bugar dan kuat sehingga bisa melakukan persalinan secara normal. Padahal, itu bukanlah yang paling penting.

Sebenarnya, dukungan dari orang-orang terdekat itu lebih penting. Dalam hal ini, peran suami teramat penting. Ibu bisa berkomunikasi dengan suami sejak awal kehamilan. Katakana bawasannya ibu ingin sekali melahirkan anak secara normal.

Karena dukungan suami tersebut akan membuat ibu terbantu agar mempersiapkan diri serta siap untuk melahirkan secara normal. Dukungan dari seorang suami bukan hanya sekedar dukungan berupa ucapan saja tapi juga tindakan. Suami akan melakukan segala upaya agar ibu tetap sehat, bugar, dan penuh semangat mulai awal kehamilan hingga persalinan. Dengan demikian, ibu akan siap untuk melahirkan secara normal.


Terlepas dari itu semua, nutrisi untuk perkembangan bayi di dalam kandungan juga harus diperhatikan. Karena percuma saja ibu sehat tapi bayi di dalam kandungan kurang sehat. Walhasil, dokter tetap saja akan melakukan tindakan berupa operasi caesar.


Untuk itu, tidak ada cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selain mendapatkan nutrisi seimbang dari susu untuk wanita hamil.

No comments:

Post a Comment