Tuesday, July 26, 2016

Susu Ibu Hamil Paling Efektif Mengatasi Diare Di Semester Ketiga

Kebanyakan diare dialami oleh ibu yang masa kehamilannya baru berusia trimester pertama. Hal ini disebabkan peningkatan produksi hormon yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan sebelum hamil.



Akan tetapi, tidak sedikit juga ibu hamil trimester kedua dan bahkan ketiga masih sering mengalami diare. Apakah itu wajar?

Terlepas wajar atau tidak, masalah diare tersebut bisa diatas dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu tersebut memang diformulasikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta mencegah keluhan kesehatan seperti diare ini.

Kenapa Ibu Hamil Tua Masih Mengalami Diare
Dilihat dari dunia medis, memang kebanyakan keluhan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil lebih banyak disebabkan oleh peningkatan produksi hormon, tak terkecuali masalah diare ini. Hanya saja, ada juga faktor lain yang tak kalah signifikan mempengaruhi masalah tersebut.

Jadi, bukan tidak mungkin ibu hamil tua juga masih mengalami diare. Hal ini disebabkan faktor lain selain meningkatnya produksi hormon.

Salah satu faktor yang juga berpengaruh adalah makanan. Mungkin ibu suka dengan makanan tertentu. Akan tetapi, ibu tidak tahu bawasannya makanan tersebutlah yang menyebabkan diare.

Sebaiknya ibu mencari tahu makanan apa saja yang bisa menyebabkan diare. Hindari makanan tersebut. Ganti dengan menu makanan yang lain.

Apakah susu untuk ibu hamil juga bisa berpengaruh? Bisa saja. Kandungan tertentu di dalam susu bisa juga menyebabkan diare.

Jika ibu mengkonsumsi susu dan ternyata susu tersebut penyebab diare, ibu sebaiknya segera menganti susu yang lain. Biasanya, susu kehamilan dengan nutrisi yang seimbang tidak akan membuat ibu diare.

Sebaiknya hindari obat. Sebenarnya, obat-obatan tertentu juga bisa berpengaruh terhadap sistem pencernaan sehingga mengakibatkan diare. Banyak dokter kandungan yang tidak menyarankan ibu hamil mengkonsumsi obat-obatan. Ya inilah alasannya. Dikhawatirkan ada efek samping yang dialami seperti diare. Lebih parah lagi jika obat tersebut juga memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

Jadi, ibu sekarang sudah tahu mengapa diare juga bisa dialami oleh ibu yang masa kehamilannya sudah mencapai usia trimester ketiga. Bahkan, masalah diare ini harus segera diatasi jika masa persalinan sudah sangat dekat. Jangan sampai diare membuat kebugaran ibu menurun sehingga ibu terganggu ketika proses persalinan nanti.

Cara Mengatasi Diare Saat Hamil
Selain mengkonsumsi susu untuk kehamilan, ibu juga perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

Yang pertama, ibu harus selalu menyiapkan air putih kapan saja dan di mana saja. Air putih sebenarnya tidak bisa mengatasi diare, namun untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jangan sampai diare membuat ibu lemas dan tidak bertenaga.

Selanjutnya, perhatikan alat-alat makan. Pastikan ibu benar-benar bersih saat membersihkan piring atau sendok yang biasa digunakan untuk makan. Karena tempat makan yang tidak bersih juga bisa menyebabkan diare.

Yang paling penting, hindari makanan yang bisa menyebabkan diare. Lupakan dulu makanan yang pedas. Jangan suka mengkonsumsi buah-buahan masam.

Jika ibu sudah mengkonsumsi susu untuk ibu hamil dan telah menerapkan cara mengatasi diare tersebut di atas, maka keluhan tersebut akan teratasi. Ibu tidak boleh terlalu lama mengalami diare. Memang ini bukan masalah kesehatan yang serius. Hanya saja, jika hal ini berlarut-larut, maka akan mengganggu kesehatan secara keseluruhan.


Semoga informasi ini berguna untuk ibu atau teman ibu yang sedang hamil dan mengalami masalah diare.

No comments:

Post a Comment