Monday, August 22, 2016

Inilah Susu Ibu Hamil yang Seharusnya Ibu Minum

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Hanya dengan susu yang benar janin ibu bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat dan sempurna. Bagaimanakah susu ibu hamil yang seharusnya ibu minum?


Agar pemahaman ibu tidak terpotong-potong, jangan sampai ibu melewatkan satu kata sekalipun. Karena ini sangat penting untuk perkembangan janin yang ibu kandung.

Sudah diketahui banyak orang bahwa susu merupakan salah satu sumber protein dan kalsium yang baik untuk tubuh. Selain kalsium dan protein susu yang diminum oleh ibu hamil harus mengandung banyak nutrisi.

Kenapa?

Sebab ibu yang sedang hamil tidak hanya memberi nutrisi kepada dirinya sendiri, tetapi juga pada janinnya. Sementara kebutuhan nutrisi janin dengan orang dewasa sangat berbeda.

Janin membutuhkan lebih banyak varian nutrisi dibandingkan orang dewasa. Hal itu berguna untuk membantu janin agar tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Karena jika salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh janin tidak terpenuhi maka besar kemungkinan janin akan lahir tidak sempurna. Sehingga merk susu ibu hamil dengan susu orang dewasa sangat jauh berbeda.

Lalu apa saja nutrisi yang harus terkandung dalam susu bumil?

Inilah yang harus ibu pahami sebelum memilih membeli susu dengan merk tertentu. Susu yang sebaiknya ibu minum selama mengandung buah hati adalah susu yang mengandung nutrisi sebagai berikut:

1.     Kalsium dan protein
Kalsium dan protein sangat penting untuk perkembangan janin. Terutama di awal-awal perkembangannya. Kalsium berguna untuk membentuk struktur tulang pada janin. Termasuk pembentukan kuku. Dan protein merupakan sumber kekuatan janin. Karena awal pembentukannya bersumber dari sel sperma yang penuh akan protein.

Sumber kalsium janin adalah dari ibunya. Sehingga jika kekurangan kalsium ia akan menyerap kalsium yang ada dalam tulang si ibu. Jadi sangat berbahaya bagi ibu yang sedang hamil jika kekurangan kalsium.

2.     Asam folat
Susu ibu hamil terbaik harus mengandung asam folat. Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan janin untuk membantu memaksimalkan pembelahan sel. Nah, kebayang kan kalau janin kekurangan nutrisi yang satu ini.

Jika selama perkembangannya janin kekurangan nutrisi ini hampir bisa dipastikan bayi ibu akan terlahir dengan tidak sempurna. Asam folat ini juga bisa ibu dapatkan dari kandungan buah-buahan seperti alpukat.

3.     Vitamin D dan E
Kedua vitamin ini berguna sebagai sistem kekebalan tubuhnya dari berbagai penyakit atau virus. Sehingga sangat bagi ibu untuk memperhatikan makanan atau minuman yang mengandung kedua vitamin ini.

4.     Zat Besi dan DHA
Zat besi dan DHA juga sangat penting dalam perkembangan janin. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah. Sedangkan DHA sangat berguna untuk kecerdasan otaknya. Tentu ibu tidak ingin buah hatinya lahir dengan cacat mental bukan?

Jadi, susu ibu hamil yang paling bagus adalah susu yang paling tidak mengandung ke empat unsur tadi. Kekurangan salah satu saja janin yang ada dalam kandungan ibu bisa terlahir tidak sempurna.

Penting bagi ibu untuk memastikan susu yang ibu minum sudah dipasteurisasi. Karena jika belum, janin ibu sangat rawan keguguran. Sebab susu yang belum dipasteurisasi rentan terhadap virus yang bisa mengganggu perkembangan janin. Biasanya di dalam kemasannya sudah terdapat keterangan pasteurisasi.

Ibu boleh meminum susu dengan merk apapun. Dan sangat penting bagi ibu untuk memeriksa kemasannya terlebih dahulu untuk memastikan semua kandungan nutrisi di atas tercantum dalam komposisi. Itulah susu ibu hamil yang harus ibu minum selama masa hamil agar buah hati ibu lahir dengan sempurna lahir dan batin.


No comments:

Post a Comment