Sunday, August 14, 2016

Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Dalam Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Kalau ibu periksa ke dokter kandungan biasanya disarankan untuk minum susu. Tetapi pernahkan ibu mempertanyakan kenapa harus susu? Karena biasanya susu ibu hamil sudah memenuhi nutrisi yang harus dikonsumsi ibu hamil setiap harinya.



Memang apa saja nutrisi yang dibutuhkan?

Untuk menjaga kesehatan, ibu harus menjaga pola makan dan olahraga teratur.  Tetapi olahraganya jangan sampai yang menguras tenaga. Cukup dengan jalan-jalan sebentar di pagi hari dan diselingi dengan senam yoga atau senam pernafasan. Hal ini nantinya sangat berguna untuk membantu mempermudah proses kelahiran. 

Nutrisi susu berguna untuk membantu ibu agar tetap kuat dan membantu janin agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebab jika nutrisi yang dibutuhkan bayi tidak tercukupi, maka resikonya ia tidak akan berkembang dengan baik. Tentunya ibu sudah sering melihat bayi yang terlahir dengan berbagai cacat yang dideritanya bukan?

Nah untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk mengetahui susu ibu hamil yang paling bagus. Dan susu yang paling bagus untuk ibu hamil adalah yang mengandung:

1. Kalsium
Kalsium diperlukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis dalam tulang. Jika kalsium tercukupi maka  tulang akan semakin kuat. Wanita yang usianya di atas 18 tahun membutuhkan kalsium 1.000 mg setiap harinya. Sedangkan di bawah 18 tahun membutuhkan 1300 mg. 

Kalsium juga sangat dibutuhkan janin untuk membentuk gigi dan tulang yang kuat. Di samping itu kalsium juga membantu menjaga jantung janin agar tetap sehat serta mengatur ritme jantung agar tetap stabil. Manfaat lainnya adalah untuk membantu pembekuan darah dan membantu pertumbuhan saraf serta otot yang sehat.

Berbagai merk susu ibu hamil biasanya mengandung 300 mg setiap cangkirnya. Jadi ibu harus minum palin tidak 3 kali sehari.

2. Asam folat
Asam folat berfungsi untuk membantu pembentukan darah serta membantuk memaksimalkan kerja enzim. Selain itu asam folat juga berguna untuk membantu jaringan saraf janin agar tetap sehat serta membantu memaksimalkan pembelahan sel. Asam folat bisa ibu dapatkan pada sayuran hijau, brokoli, kacang dan alpukat. 

3. Vitamin D
Vitamin ini berfungsi untuk membantu mengatur kadar kalsium dan fosfat. Kalau janin kekurangan kedua zat tersebut, perkembangannya akan terganggu. Disamping itu vitamin D juga mampu mencegah terjadinya infeksi akibat virus serta bisa mencegah kanker.

4. Iodium
Zat yang satu ini fungsinya sangat penting untuk perkembangan otak janin. Kalau janin kekurangan zat ini, bisa jadi ia akan lahir dengan keterbelakangan mental atau juga memiliki kecerdasan yang rendah. 

Susu ibu hamil terbaik harus memenuhi paling tidak 4 nutrisi di atas. Tetapi biasanya susu bumil yang beredar di pasaran mengandung lebih banyak vitamin lainnya. Jadi dengan banyaknya susu yang sudah beredar akan lebih memudahkan ibu untuk memilih rasa yang paling disukai.

Yang paling penting dan harus ibu perhatikan sebelum membeli susu kemasan itu adalah baca dulu kemasannya. Pastikan bahwa di dalam kemasan tersebut sudah ada label pasteurisasi. 

Kalau belum ada keterangan itu ibu perlu merebusnya. Sebab jika langsung ibu minum kemungkinan besar kuman yang ada di dalamnya bisa mengganggu janin. Biasanya kuman yang sering ditemukan adalah kuman listeria

Kuman ini bisa mebuat janin ibu tidak berkembang bahkan mengalami kematian serta keguguran. Itulah susu ibu hamil yang harus ibu perhatikan agar si kecil tetap sehat sampai persalinan. 

1 comment:

  1. Terima kasih artikelnya sangat menginspirasi sekali. baca juga
    http://www.kulineri.com/2017/05/tips-memilih-susu-untuk-ibu-hamil-dan-7.html

    http://www.kulineri.com/2017/05/7-makanan-sehat-yang-baik-dan-bagus.html

    ReplyDelete