Thursday, August 18, 2016

Susu Ibu Hamil Tidak Bikin Diare. Ini Caranya

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Ada banyak ibu hamil yang skeptis dengan susu ibu hamil. Mereka bilang semua susu membuat diare, terlepas merk apapun susu tersebut.



Pendapat tersebut terlalu terburu-buru. Mereka tidak tahu bagaimana cara agar seorang ibu hamil bisa mengkonsumsi susu dan mendapatkan semua manfaat dari susu kehamilan tanpa harus mengalami efek samping seperti diare.

Bagi ibu yang belum menyerah untuk mencari cara bagaimana agar tidak diare setelah minum susu, ibu bisa terapkan satu atau beberapa cara berikut ini.

Pilih Susu yang Cocok
Ada banyak sekali merk susu untuk ibu hamil yang ada di pasaran saat ini. Ibu tidak perlu ragu mengganti merk susu yang lain jika memang susu yang ibu pilih membuat ibu diare.

“Tapi saya sudah memilih susu yang terbaik dan harganya paling mahal” Walaupun termahal dan terbaik, apa gunanya jika susu yang ibu konsumsi justru membuat ibu diare. Toh belum tentu susu yang paling mahal itu yang terbaik.

Sebaiknya ibu coba beberapa merk susu yang lain. Jika sudah menemukan susu yang tidak membuat diare, ibu bisa secara rutin dan kontinyu mengkonsumsi susu tersebut.

Yang dimaksud dengan susu yang cocok tidak hanya tertuju pada merk yang berbeda. Bisa juga karena rasa dan juga kandungannya.

Awalnya, ibu bisa memilih susu berdasarkan rasa. Pilihlah susu untuk kehamilan dengan rasa yang paling ibu sukai. Jika beberapa merk susu dengan rasa yang ibu sukai tetap membuat ibu diare, sebaiknya ibu pilih susu berdasarkan kandugannya.

Sebaiknya ibu konsultasi dengan dokter kandungan agar ibu bisa mendapatkan penjelasan kenapa ibu diare setiap kali minum susu. Biasanya, hal ini disebabkan ada kandungan di dalam susu yang terlalu tinggi sehingga mengganggu sistem pencernaan ibu.

Tidak Perlu Terlalu Kental
Cara yang satu ini memang tidak ilmiah tapi cukup banyak ibu hamil yang menerapkan cara ini dan berhasil.

Diare itu berhubungan dengan sistem pencernaan. Ada kandungan dari susu yang ibu konsumsi yang tidak bisa dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, mengurangi takaran susu bisa membuat sistem pencernaan lebih mudah dalam mencerna semua kandungan di dalam susu kehamilan.

Khusus bagi ibu yang baru mulai minum susu, sebaiknya ibu membuat susu tidak terlalu kental. Selain untuk menghindari diare, cara ini juga bisa sangat efektif agar ibu terhindar dari rasa mual atau muntah yang disebut dengan morning sickness.

Minum Sedikit Asal Rutin
Sayangnya, banyak ibu hamil yang langsung berhenti minum susu kehamilan ketika mereka menenukan efek samping setiap kali minum susu seperti hanya diare. Seolah-olah mereka tidak mencoba berupaya bagaimana agar tidak diare.

Beruntung jika ibu tidak langsung berhenti minum susu. Coba ibu usahakan untuk mengkonsumsi susu sedikit tapi yang penting rutin. Ibu bisa coba mengkonsumsi satu gelas kecil setiap pagi, siang dan malam hari.

Cara ini sangat bagus untuk membuat sistem pencernaan ibu hamil muda siap untuk mencerna kandungan di dalam susu seperti protein, kalsium, dan vitamin yang memang kadarnya cukup tinggi.


Itulah beberapa tips yang bisa ibu terapkan agar tidak diare setiap kali minum susu. Semoga kehamilan ibu lancar hingga proses persalinan nanti. Selain itu, ibu serta bayi yang ibu kandungan bisa selamat dan sehat. Harapan ibu tersebut hanya bisa terwujud jika ibu memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan yang salah satunya dengan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.

No comments:

Post a Comment