Monday, August 29, 2016

Keluhan Saat Usia Kehamilan 6 Bulan Bisa Diatasi dengan Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Sekitar 50 hingga 70 persen ibu hamil mengalami sakit pinggang, terutama ketika usia kehamilan sudah mencapai 6 bulan.



Fakta ini tidak mengejutkan. Yang sedikit mengejurkan kenapa ada ibu hamil yang tidak mengalami keluhan sakit pinggang?

Kalau ditanya apakah mereka menjalankan pola hidup yang sehat, tentu saja setiap ibu hamil pasti berupaya untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan mulai menjalankan kehidupan yang sehat.

Namun, pada kenyataannya masih banyak ibu hamil yang mengalami masalah sakit pinggang.

Lalu, apa yang sebenarnya yang menyebabkan seorang ibu rawan mengalami sakit pinggang?

Kesehatan Tulang Kurang Baik
Ini yang menjadi persoalan kebanyakan ibu hamil. Entah mengapa banyak ibu hamil yang kekurangan kalsium. Itulah mengapa jika ibu mengamati banyak sekali produk berupa multivitamin atau produk lainnya yang merupakan suplemen kalsium.

Padahal, cara yang paling mudah untuk mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup tidak harus mengkonsumsi produk semacam ini. Dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran serta minum susu ibu hamil setiap hari, seorang ibu hamil tidak akan kekurangan kalsium. Dan akhirnya ia tidak akan mengalami keluhan sakit atau nyeri pada bagian pinggang.

Sebenarnya kalsium ini tidak hanya untuk mencegah sakit pinggang saja ya. Saat hamil, kalsium juga dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Dan ibu harus tahu juga bawasannya kebutuhan kalsium saat hamil itu sangat banyak. Itulah mengapa disarankan seorang ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi serta tidak lupa minum susu untuk ibu hamil. Dengan menjalankan dua hal tersebut, maka ibu akan terhindar dari keluhan kesehatan seperti sakit pinggang.

Perut Semakin Besar dan Berat
Nah, untuk faktor penyebab yang satu ini, setiap ibu hamil tidak bisa menghindarinya. Saat usia kehamilan 6 bulan, perut sudah terlihat membesar. Berat badan ibu juga naik. Karena beban yang ibu rasakan tersebutlah yang membuat punggung sering merasa nyeri.

Namun, jika ibu menjaga kesehatan tulang dengan cara rajin menjaga asupan kalsium entah dengan mengkonsumsi susu kehamilan atau mengkonsumsi makanan sehat, setidaknya nyeri yang ibu rasakan pada bagian punggung bisa diminimalisir atau bahkan dihindari.

Akan tetapi, tidak itu saja. Karena beban terasa lebih berat pada bagian perut dan hal ini mengakibatkan nyeri pada bagian punggung, maka ibu juga harus perhatikan beberapa hal.

Salah satunya adalah memperhatikan cara duduk. Sebaiknya ibu selalu menggunakan kursi yang ada sadarannya. Dan akan lebih baik jika ibu juga menambahkan sandaran seperti bantal. Dengan menerapkan cara ini, ibu akan terhindar dari posisi duduk membungkuk yang secara tidak sadar akan membuat ibu mudah merasa nyeri punggung.

Dan yang paling penting lagi adalah olahraga. Siapapun harus menjaga kebugaran dengan cara olahraga, tak terkecuali ibu yang sedang hamil.

Yang sangat disarankan adalah mengikuti program senam ibu hamil. Senam ini ditujukan agar ibu selalu bugar dan siap untuk menjalani masa kehamilan dengan baik.

Lebih dari itu, ada gerakan yang membuat ibu terhidar dari keluhan sakit pinggang.

Dari sekian banyak tips tersebut, tentunya ibu tidak boleh pilih-pilih. Semua harus ibu lakukan, terutama mengkonsumsi susu ibu hamil agar asupan kalsium serta nutrisi lainnya terpenuhi.


Semoga masa kehamilan ibu berjalan lancar dan ibu tidak merasakan keluhan kesehatan yang serius selama masa kehamilan hingga proses persalinan nanti.

No comments:

Post a Comment