Monday, August 8, 2016

Susu Ibu Hamil Sangatlah Penting Meskipun Termasuk Komponen Terakhir Dalam Diagram Makanan

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Masih ingatkah Anda empat sehat lima sempurna? jika dilihat sekilas, susu adalah penunjang dan penyempurnanya, sama halnya dengan susu ibu hamil.



Meskipun menjadi komponen pendukung dalam makanan, susu sejatinya sudah memenuhi berbagai jenis gizi yang mana tidak ditemukan di makanan lainnya. Artinya, susu itu sendiri telah mencakup gizi secara menyeluruh.

Hal ini bukan berarti bahwa minum susu saja sudah cukup. Sehingga Anda mengabaikan untuk mengkonsumsi makanan lain yang terkadang akan menimbulkan morning sickness bagi ibu hamil.

Mengenai seberapa penting susu untuk ibu hamil ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan gizinya. Gizi yang terkandung ini nantinya akan membantu dalam perkembangan janin dan juga si ibu itu sendiri.

Nah, mau tahu apa saja kandungannya yang bermanfaat tersebut? Simak ulasannya mengenai kandungan dan manfaat susu bagi ibu hamil berikut.

Mengandung Protein Tinggi

Protein merupakan komponen pembangun tubuh. Yang artinya, pertumbuhan sel-sel dalam tubuh akan sempurna ketika mendapatkan asupan protein yang cukup, dan protein ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan. Tak luput pula bisa diperoleh langsung dari kandungan pada susu kehamilan.

Nilai gizi yang terdapat di dalam susu tersebut sangatlah besar. Dan manfaatnya tidak hanya untuk si janin, melainkan juga untuk ibu hamil. Untuk manfaat protein bagi janin, protein tadi akan mendorong pada sempurnanya pertumbuhan janin. Misalnya, membantu dalam pembentukan sel-sel, juga membantu pada perkembangan sempurna organ vital janin.

Sementara manfaat protein untuk ibu hamil adalah untuk memperbesar ruang rahim. Artinya, sejalan dengan perkembangan janin, rahim yang ditempatinya juga akan mulai membesar.

Mengandung Kalsium Tinggi

Selain protein, susu untuk ibu mengandung juga menyimpan kalsium yang cukup besar. Setidaknya dalam segelas air susu terkandung kurang lebih 300 mg kalsium. Nilai asupan kalsium ini tentunya bisa memenuhi kebutuhan ibu hamil di tiap harinya. Yakni dengan catatan jika ibu hamil rajin meminumnya 3 kali dalam sehari.

Pasalnya, ibu yang sedang mengandung membutuhkan kalsium harian sebesar 1000 mg. Oleh karenanya, cukup dengan konsumsi 3 gelas di tiap harinya, maka kebutuhan kalsium sudah terpenuhi.
Nah, mengenai manfaatnya juga akan dirasakan oleh keduanya. Yakni untuk menguatkan tulang ibu hamil sebagai penopang berat dari janin yang terus tumbuh.

Sementara manfaat kalsium untuk janin adalah untuk merangsang pertumbuhan tulang dan giginya janin. Alhasil, janin juga akan kuat dan terlahir lebih sempurna meskipun gigi pada umumnya belum tumbuh sempurna. Setidaknya, dalam trimester kedua, gigi mulai tumbuh namun belum terlihat seperti gigi pada umumnya.

Sadar akan hal ini, kebutuhan kalsium wajib dipenuhi. Caranya bisa dengan memanfaatkan susu untuk wanita hamil.

Mengandung Vitamin D

Ada banyak kasus dimana buah hati terlahir dengan berat yang kurang. Walaupun kenyataannya ibu hamil telah mengkonsumsi makanan yang sehat. Permasalahannya ini bisa berasal dari asupan vitamin D yang masih kurang di dalam makanan tersebut. Hasilnya, bayi terlahir dengan bobot rendah. Perlu Anda ketahui bahwa asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 600 IU perharinya. Dan bila tidak terpenuhi, maka resiko di atas bisa saja terjadi.

Nah, untuk memberikan tambahan gizi vitamin D selain dari makanan, ibu hamil disarankan untuk minum susu. Pasalnya, di dalam susu juga terkandung vitamin C yang cukup besar. Betapa tidak, vitamin D dalam satu gelas kira-kira 117 IU sehingga bila dikonsumsi 3 kali sehari, maka ibu hamil setidaknya telah menyuplai vitamin D sebesar 60%.


Kesimpulannya, penuhilah setiap gizi yang dibutuhkan oleh janin agar janin tumbuh sempurna. Dan pilihan paling tepat adalah menyediakan Susu ibu hamil yang telah banyak dijual di sekitar Anda.

No comments:

Post a Comment