Wednesday, August 31, 2016

Minum Susu Ibu Hamil Tiap Hari Bikin Bosan? Kini Tidak Lagi

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Banyak ibu hamil yang akhirnya berhenti minum susu. Alasannya aneh. Karena mereka bosan.



Akan tetapi, ada juga masalah yang mereka alami sehingga mereka stop minum susu seperti selalu mual dan diare setiap kali minum susu. Akhirnya, selama kehamilan, mereka tidak minum susu.

Apa bahaya yang bisa terjadi jika tidak minum susu ibuhamil? Ada beberapa risiko yang bisa saja terjadi seperti bayi tidak berkembang normal, bayi dalam kandungan memiliki berat badan di bawah normal, dan lain sebagainya.

Hanya saja, jika ibu hamil berhasil memenuhi kebutuhan nutrisi dengan cara mengkonsumsi makanan yang variatif dan bergizi tinggi, risiko tersebut bisa dihindari.

Anehnya, banyak ibu hamil yang tidak mau minum susu karena bosan. Tidak masalah jika mereka mampu memunuhi kebutuhan nutrisi kehamilan setiap harinya. Bagaimana jika tidak?

Jika ibu juga merasa bosan minum susu, berikut ini beberapa tips yang bisa ibu terapkan untuk mengusir bosan tersebut.

Ganti Susu dengan Rasa Lain
Bosan disebabkan melakukan hal yang monoton. Begitu juga bosan minum susu untuk ibu hamil. Karena ibu selalu minum susu dengan rasa yang sama.

Ibu tidak bisa mencoba minum susu kehamilan dengan rasa yang berbeda. Setidaknya cara ini bisa membuat ibu mendapatkan sensasi minum susu yang berbeda.

Atau, ibu juga bisa menyajikan susu dengan cara yang berbeda seperti mencampurkan dengan buah-buahan sehingga rasanya lebih segar.

Jangan khawatir jika ibu ingin mengganti susu dengan rasa yang lain. Tidak ada bedanya. Hanya saja, memang lebih bagus mengkonsumsi susu rasa plain. Karena kandungan gula di dalam susu rasa plain lebih rendah. Biasanya susu dengan aneka rasa mengandung gula yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu plain.

Minum Susu Sambil Bersantai
Susu itu bukan obat lho. Jadi, ibu tidak boleh minum susu seperti sedang minum obat. Hanya sekali tenggak saja satu gelas susu sudah habis.

Pantas saja jika minum susu menjadi sangat membosankan. Dan cara yang salah seperti ini juga bisa memicu ibu mengalami mual. Karena sistem pencernaan dipaksa untuk mencerna susu dalam jumlah yang banyak secara cepat.

Sebaiknya ibu minum susu untuk kehamilan sambil santai. Minum susu bisa dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan di malam hari. Di pagi hari, usahakan ibu tidak buru-buru minum susu ketika akan berangkat kerja. Sementara di malam hari, ibu bisa menikmati satu gelas susu sambil menonton TV dengan suami.

Dukungan Suami
Beruntung sekali jika ibu memiliki suami yang perhatian dengan ibu. Perhatian atau dukungan suami sangat penting, tidak hanya pada saat proses persalinan saja, tapi juga ketika masih proses kehamilan.

Yang terpenting, suami juga harus mensuport agar ibu tetap minum susu mulai awal kehamilan hingga proses persalinan tiba.

Setiap ibu hamil pasti ingin menjalani proses persalinan secara normal. Dan ternyata, cara yang bisa membuat ibu bisa melakukan persalinan secara normal adalah dengan mengkonsumsi susu. Karena dengan minum susu, ibu akan selalu mendapatkan nutrisi yang seimbang. Dan inilah yang dibutuhkan agar ibu dan juga janin sehat.

Ibu dan janin yang sehat sangat berpengaruh terhadap proses persalinan normal nanti. Dan tentu saja ibu harus selalu mengontrol kesehatan kehamilan seperti air ketuban, kontraksi yang terjadi, dan lain sebagainya agar cita-cita ibu melahirkan normal bisa tercapai.


1 comment:

  1. Terima kasih artikelnya sangat menginspirasi sekali. baca juga
    http://www.kulineri.com/2017/05/tips-memilih-susu-untuk-ibu-hamil-dan-7.html

    http://www.kulineri.com/2017/05/7-makanan-sehat-yang-baik-dan-bagus.html

    ReplyDelete