Tuesday, May 3, 2016

Asam Folat pada Susu Ibu Hamil Tidak Hanya Mencerdaskan Otak Janin Lho

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting yang mana salah satunya adalah asam folat. Namun, tahukah ibu jika nutrisi yang satu ini tidak hanya baik untuk mencerdaskan otak janin?



Selama ini mungkin ibu banyak membaca artikel tentang kesehatan ibu hamil yang membahas tentang pentingnya asam folat. Kebanykan artikel menjelaskan bahwa nutrisi ini sangat baik untuk memastikan tidak ada masalah terhadap perkembangan otak janin. Asam folat akan mencegah terjadinya kelainan mental dan sekaligus mencerdaskan otak janin. Hal itu juga yang membuat seorang ibu hamil harus mengkonsumsi susu ibu hamil karena sudah dipastikan ia akan mendapatkan asupan gizi yang satu ini dalam jumlah yang cukup.

Akan tetapi, apakah ibu tahu ada manfaat lain yang akan diberikan oleh asam folat ini? Dengan mengatahui manfaat lain tersebut, diharapkan ibu semakin rajin untuk mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.

3 Manfaat Asam Folat Selain Mencerdaskan Otak
Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi anemia. Anemia atau kekurangan darah merah sering menyebabkan ibu merasa pusing. Hal ini sangat wajar dirasakan seorang ibu hamil di mana masa kehamilannnya mencapai usia trimester pertama dan kedua. Saat ibu merasa pusing karena anemia, hormon yang tubuh ibu produksi belum stabil. Dan faktor lainnya adalah turunnya produksi sel darah merah.

Untuk mengatasi hal ini, ibu sebenarnya bisa mengkonsumsi obat anemia. Akan tetapi, akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi susu ibu hamil saja. Kandungan asam folat di dalam susu tersebut mampu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga anemia bisa teratasi.

Manfaat asam folat yang kedua adalah mencegah depresi. Depresi lebih sering dialami oleh wanita hamil muda. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan wanita hamil tua pun bisa mengalami depresi. Depresi bisa dikarenakan faktor hormonal dan juga faktor eksternal seperti ekonomi, kekhawatiran yang berlebihan, tekanan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Sekalipun ibu sudah mengatur stres, ibu tetap saja mengalami depresi jika faktor hormonal tidak diatasi. Yang harus ibu lakukan adalah menstabilkan produksi hormon dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil. Ini merupakan peran dari asam folat yang ada di dalam susu.

Manfaat yang ketiga adalah meningkatkan produksi eritrosit. Sebenarnya, eritrosit ini sangat berhubungan sekali dengan perkembangan otak. Akan tetapi, eritrosit ini juga berkaitan erat dengan sumsum tulang belakang. Sebaiknya ibu mengkonsumsi susu ibu hamil agar nutrisi asam folat terpenuhi sehingga ibu bisa menghindari adanya kelainan sumsum tulang belakang.

Sekarang, ibu bisa menjawab pertanyaan apa saja manfaat dari asam folat. Dan jika ada seseorang yang bertanya, ibu bisa memberikan jawaban bahwa asam folat di dalam susu ibu hamil itu tidak hanya berguna untuk mencerdaskan otak janin.

Sumber Asam Folat Selain Susu
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah ada sumber asam folat selain susu ibu hamil?

Ternyata banyak juga lho sumber asam folat. Sayuran hijau seperti bayam juga mengandung nutrisi yang satu ini. Berbagai jenis kacang-kacangan juga bisa ibu pilih sebagai makanan yang tepat karena kaya akan kandungan asam folatnya.

Jadi, aneh jika ibu kekurangan asam folat. Pasalnya, banyak sekali makanan yang mengandung asam folat. Namun, agar ibu tidak repot, pastikan ibu mendapatkan asupan nutrisi berupa asam folat ini dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil.


No comments:

Post a Comment