Tuesday, May 17, 2016

Waktu Terbaik Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil seolah menjadi obat yang rasanya pahit sekali. Banyak ibu hamil yang tidak mau mengkonsumsinya. Alasannya sangat klasik. Baunya yang amis, tidak enak, dan sering menyebabkan mual dan muntah (morning sickness).



Namun, kali ini ibu tidak akan lagi merasa bahwa mengkonsumsi susu ibu hamil merupakan sebuah tantangan yang sangat sulit sekali. Ibu tidak perlu lagi khawatir masalah mual dan muntah karena bau amis dari susu tersebut. Dengan mengetahui kapan waktu terbaik mengkonsumsi susu untuk ibu hamil, ibu bisa menghindari mual dan muntah karena minum susu.

Waktu untuk Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil
Apakah ibu pernah terpikirkan untuk memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi susu ibu hamil? Mungkin saja tidak. Karena sepertinya waktu untuk mengkonsumsi susu itu tidak menjadi persoalan yang penting. Padahal, waktu yang tepat untuk mengkonsumsi susu menentukan apakah ibu akan merasa mual dan muntah akibat morning sickness atau tidak.

Mengkonsumsi susu ibu hamil sebaiknya dilakukan setidaknya 2 kali sehari. Akan lebih baik jika dikonsumsi 3 kali sehari. Namun, agar terhindar dari mual, sebaiknya ibu mengkonsumsi susu tersebut selang beberapa menit setelah mengkonsumsi makanan. Ibu bisa memberikan jeda sekitar 30 menit setelah makan. Jadi, ketika ibu minum susu, makanan yang sudah ibu konsumsi tidak keluar karena mual dan muntah.

Bagaimana jika malam hari? Banyak sekali yang menganggap morning sickness itu terjadi di pagi saja. Padahal, tidak sedikit juga ibu hamil yang justru mengalami morning sickness  di malam hari. Jadi, morning sickness itu hanya istilah saja. Bukan berarti istilah menggunakan morning maka mual dan muntah itu terjadi di pagi hari saja.

Di malam hari pun ibu bisa saja merasakan morning sickness. Untuk menghindari hal tersebut, ibu juga perlu memberikan jeda antara makan dengan minum susu ibu hamil. Namun, ada hal lain yang tak kalah penting. Usahakan agar ibu tidak langsung tidur setelah minum susu. Ibu bisa duduk santai dulu sambil baca buku atau menonton TV hingga susu benar-benar sudah berada di dalam perut. Dengan demikian, susu tidak keluar lagi saat ibu berbaring.

Cara Lain Mengurangi Mual
Selain menentukan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi susu ibu hamil, ibu juga perlu tahu cara yang lain untuk mengurangi mual setiap kali minum susu. Salah satunya dengan cara mencampurkan susu ke dalam jus.

Kebanyakan mual yang dirasakan oleh ibu hamil itu disebabkan bau amis dari susu. Dengan dicampurkannya susu ke dalam jus, maka bau tersebut setidaknya akan sedikit tersamarkan.
Bolehkah mencampurkan susu ke dalam jus? Sebenarnya tidak ada larangan. Ibu juga tidak perlu khawatir justru ibu tidak akan mendapatkan manfaat dari susu ibu hamil jika dicampurkan ke dalam jus. Yang tidak boleh adalah mencampurkan susu dengan obat. Obat akan bersifat netral jika diminum bersamaan dengan susu.

Itulah sekilas info seputar susu untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bisa membuat ibu semakin semangat untuk memberikan nutrisi untuk kebaikan perkembangan janin dengan cara mengkonsumsi susu rutin setiap hari.


Perkembangan janin sangat dipengaruh oleh nutrisi yang ibu dapatkan entah dari makanan atau minuman yang ibu konsumsi setiap hari. Oleh sebab itu, pastikan ibu hanya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta setiap hari minum susu ibu hamil.

1 comment:

  1. ASI is one of the protein baby food and nutritional very large and very useful for the growth of the baby and the immune system of a baby
    http://www.sanadomino.com

    ReplyDelete