Monday, May 9, 2016

Sudah Minum Susu, Tapi Kenapa Dokter Bilang Nutrisi Ibu Hamil Masih Kurang?

nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil ternyata tidak bergantung dari susu. Sayangnya, tidak sedikit ibu hamil yang menganggap jika mereka sudah minum susu ibu hamil, maka semua nutrisi yang mereka butuhkan sudah tercukupi. Pada kenyataannya, tidak demikian.

Penjelasan berikut ini semoga bisa membuka wawasan seputar menjaga kesehatan ibu hamil. Bawasannya susu tidak mampu mencukup nutrisi untuk ibu hamil. Seorang ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan bergizi selain tentu saja minum susu ibu hamil.

Susu Sebagai Pelengkap
Layaknya susu balita, susu ibu hamil juga sebenarnya pelengkap saja. Susu mengandung nutrisi yang ibu butuhkan untuk memastikan perkembangan janin di dalam kandungan. Akan tetapi, nutrisi yang terkandung di dalam susu tersebut tidaklah cukup.

Memang produsen susu sudah menakar kandungan setiap jenis nutrisi ibu hamil di dalam produk yang mereka buat tersebut. Akan tetapi, kandungan atau kadar nutrisi tersebut tidaklah cukup. Apalagi proses pembuatan susu biasanya mengurangi kadar setiap nutrisi di dalam susu.

Belum lagi dengan cara penyimpanan yang ibu lakukan. Menyimpan susu di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari akan merusak kandungan nutrisi ibu hamil di dalam susu. Itulah mengapa sekalipun ibu sudah mengkonsumsi susu, ibu tetap saja harus mendapatkan nutrisi dari makanan sehat.

Apakah ibu pernah bertanya pada diri sendiri kenapa wanita hamil pada waktu dulu di mana susu belum diproduksi bisa sehat dan melahirkan bayi yang sehat pula? Jika ibu memikirkan pertanyaan tersebut, ibu pasti akan mendapatkan kesimpulan bahwa susu ibu hamil itu bukan satu-satunya sumber nutrisi untuk ibu hamil. Hal ini terbukti ibu hamil pada waktu dulu tidak minum susu, namun hanya mengkonsumsi makanan yang sehat saja.

Sayangnya, sudah terlanjur dipahami oleh masyarakat di mana susu merupakan minuman wajib seorang ibu hamil. Alasannya, karena di dalamnya terdapat nutrisi untuk ibu hamil. Tentu saja hal tersebut tidak lah salah. Namun, kurang tepat jika seorang ibu hamil mengkonsumsi susu ibu hamil tiga kali sehari namun tetap saja mereka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan sejenis fast food.

Nutrisi Seimbang untuk Ibu Hamil
Selain memastikan seorang ibu hamil harus mendapatkan nutrisi dari susu dan juga dari makanan, mereka juga harus tahu pentingnya nutrisi yang seimbang. Jadi, mengkonsumsi makanan yang sehat tidak pasti menjadikan ibu hamil sehat selalu dan perkembangan janin terjaga. Nutrisi ibu hamil harus seimbang. Artinya, kadar setiap nutrisi yang sesuai dengan yang direkomendasikan oleh ahli gizi ibu hamil.

Bagaimana cara mengetahui bahwa nutrisi yang didapatkan sudah seimbang? Konsultasi dengan dokter atau bidan adalah jawabannya. Sayangnya, kesadaran akan pentingnya konsultasi dengan dokter atau bidan sangat rendah. Banyak ibu hamil yang merasa sudah sehat karena tidak ada gangguan kesehatan yang mereka rasakan. Mereka merasa tidak perlu memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan. Padahal mereka tidak tahu jika hal buruk juga bisa terjadi tanpa terlihat ada tanda-tanda. Dan hanya dokter dan bidan saja yang bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada hal buruk yang terjadi pada ibu dan juga janin.


Sekarang ibu sudah mengerti pentingnya mendapatkan asupan gizi ibu hamil dari makanan. Jangan hanya mengandalkan susu saja ya. Selain itu, ibu juga harus rutin melakukan konsultasi kehamilan, entah dengan dokter atau dengan bidan untuk memastikan kondisi kesehatan janin baik dan tercukupinya semua nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment