Monday, May 16, 2016

Susu Ibu Hamil Tetap Dikonsumsi Ketika Menyusui, Bolehkah?

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil manfaatnya memang banyak sekali bagi ibu yang mengandung serta bayi yang ada di dalam kandungan. Tapi, apa akibatnya jika susu untuk ibu hamil tetap dikonsumsi setelah melahirkan hingga Ibu menyusui?


Kegunaan susu ibu hamil bagi Ibu mengandung
Bagi Ibu hamil, menkonsumsi susu ibu hamil biasanya dilakukan untuk menambah nutrisi penting yang dibutuhkan Ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Sebab ketika mangandung, Ibu akan memerlukan nutrisi lebih, karena yang dikonsumsi Ibu tentunya akan terbagi dengan bayi. Belum lagi nutrisi tambahan yang juga perlu Ibu konsumsi karena perannya juga penting bagi perkembangan janin.

Salah satu contohnya adalah zat besi, yang tentunya penting untuk dicukupi Ibu agar sel darah merah di dalam tubuh dapat menghasilkan oksigen yang cukup. Tanpa oksigen, tubuh pun tidak akan berfungsi secara normal karena perederan darah merahnya pun tidak lancar. Sementara itu, janin pun memerlukan zat besi agar perkembangannya optimal.

Selain itu ketika mengandung, akan ada banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh Ibu. Sehingga Ibu akan memerlukan tubuh yang lebih fit dan tulang yang lebih kuat dari biasanya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa susu ibu hamil itu disarankan untuk dikonsumsi.

Susu ibu hamil bagi Ibu menyusui
Mungkin Ibu berpikir, jika sudah selesai melahirkan, tubuh akan mulai kembali seperti sebelum Ibu hamil dan Ibu tidak perlu lagi asupan nutrisi yang begitu banyak karena Ibu sudah tidak lagi berbagi nutrisi dengan janin atau bayi yang dikandungi. Akan tetapi, Ibu perlu mengingat bahwa ketika Ibu menyusui, nutrisi yang Ibu konsumsi akan tetap dibagi dengan bayi melalui ASI.

Karena itu, Ibu akan tetap memerlukan nutrisi lebih agar ASI yang dihasilkan berkualitas dan bayi pun mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Untuk hal ini, maka menkonsumsi susu ibu hamil ketika sudah melahirkan dan sedang menyusui dapat membantu melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi dan Ibu yang memproduksi ASI.

Hal lain yang perlu diingat ketika menyusui
Hal lain yang perlu diingat ketika menyusui adalah untuk menjaga kesehatan Ibu sendiri. Selain melakukan kegiatan yang tidak membuat Ibu menjadi cepat lelah, Ibu pun perlu menjaga agar tingkat stress Ibu tidak terlalu tinggi. Pasalnya, tingkat stress yang tinggi akan mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI yang dihasilkan.

Melakukan kegiatan – kegiatan relaksasi yang bisa membantu Ibu menjadi lebih tenang bisa sangat membantu menyegarkan tubuh yang lelah karena mengurus bayi yang baru lahir dan menurunkan tingkat stress yang seringkali juga dialami oleh Ibu baru.

Akan tetapi jika Ibu rajin menyusui, maka produksi ASI pun bisa menjadi lebih lancar. Ibu pun akan merasakan hubungan yang lebih erat dengan bayi jika Ibu rajin menyusui, sehingga Ibu sendiri bisa merasakan menjadi lebih tenang karena rajin menyusui.

Hal terakhir yang perlu diingat adalah untuk menkonsumsi air putih yang banyak. Banyaknya konsumsi cairan bagi tubuh juga sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Jika tubuh Ibu sendiri dehidrasi karena kekurangan cairan, maka susu pun pasti tidak dapat dihasilkan. Makanan yang bergizi juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui dengan supan gizi yang ditambahkan dengan konsumsi susu ibu hamil.


No comments:

Post a Comment