Thursday, May 19, 2016

Siapa Bilang Semua Susu Kehamilan Sama

Ibu dan Balita

Susu kehamilan ternyata ada yang beda lho. Berbagai jenis merk susu yang ada di pasaran ternyata mengandung kandungan yang berbeda. Meskipun perbedaannya tidak begitu signifikan, namun akibat atau hasil yang ibu rasakan setelah minum susu ibu hamil tertentu itu berbeda.

Oleh sebab itu, sebagai ibu hamil, ibu harus cermat memiliki susu seperti apa yang terbaik. Tentunya ibu pasti ingin memastikan janin di dalam kandungan berkembang optimal, bukan? Oleh sebab itu, ibu harus tahu letak perbedaan yang paling menonjol antara susu kehamilan yang satu dengan yang lain.

Dua yang Menjadi Pembeda
Ada baiknya ibu mencari review dari beberapa wanita hamil lainnya yang sudah memiliki pengalaman mengkonsumsi susu kehamilan dengan merk tertentu. Jadi, ibu akan tahu apa yang mereka rasakan setelah mengkonsumsi susu tersebut.

Akan tetapi, akan lebih jelas perbedaan antara merk susu satu dengan yang lain jika ibu melihat lebih detail komposisi di setiap susu ibu hamil. Salah satu perbedaan yang mencolok ternyata pada kalorinya. Setiap susu mengandung kalori dalam jumlah yang berbeda.

Lalu, berapakah jumlah kalori yang diperlukan oleh seorang ibu hamil? Sebenarnya jumlah kalori yang ibu butuhkan selama masa kehamilan tergantung kegiatan yang ibu lakukan setiap hari. Jika ibu adalah wanita yang sangan aktif, maka jumlah kalori yang dibutuhkan sangat banyak. Hanya saja, menurut pakar gizi ibu hamil, setidaknya setiap ibu hamil mendapatkan kalori sekurang-kurangnya 300 kalori setiap hari.

Apakah ibu yakin sudah memenuhi kebutuhan kalori setiap hari? Untuk memastikan bahwa ibu mendapatkan kalori dalam jumlah yang cukup, maka ibu harus pastikan kandungan di dalam susu kehamilan yang ibu pilih setidaknya mencapai 400 kCal.

Selain perbedaan pada kadar kalori, kadar lemak pada setiap susu juga berbeda. Berbeda dengan kalori. Jika ibu sebaiknya mendapatkan lebih banyak kalori, kadar lemak dalam susu seharusnya sedikit. Lemak yang terlalu banyak di dalam susu akan membuat ibu mudah mual. Jika ibu merasa eneg saat mengkonsumsi susu, ada kemungkinan kandungan lemaknya tinggi. Lihat pada label susu dan berapa kandungan lemak di dalamnya. Jika ibu sering eneg dan bahkan mual dan muntah setiap kali mengkonsumsi susu, maka ibu sebaiknya mengganti susu kehamilan yang lebih rendah kadar lemaknya.

Meskipun ada perbedaan, bukan berarti ada susu yang lebih baik dari susu lainnya. Sebenarnya, semua susu ibu hamil itu bagus. Hanya saja, ibu harus menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh ibu.

Yang Perlu Ibu Lakukan Sebelum Memilih Susu
Tidak banyak ibu hamil yang konsultasi kehamilan dan menanyakan susu apa yang bagus. Padahal, hal tersebut sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa seorang ibu hamil mendapatkan susu yang terbaik untuk dirinya.

Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan. Bahkan, riwayat kesehatan juga menjadi faktor yang menentukan susu kehamilan yang terbaik itu seperti apa. Apakah kadar proteinnya harus tinggi atau sebaliknya. Banyak sekali pertimbangan yang akan dilakukan oleh dokter kandungan sehingga ia akan membuat kesimpuan susu seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi.


Jika ibu selama ini merasa tidak nyaman setiap kali minum susu, ada kemungkinan tubuh ibu tidak bisa menerima kandungan di dalam susu tersebut. Sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu agar ibu mendapatkan saran sehingga bisa mengkonsumsi susu kehamilan yang tepat.

No comments:

Post a Comment