Sunday, May 29, 2016

Siapa Bilang Susu Kehamilan Hanya Untuk Kebaikan Janin dalam Kandungan

susu kehamilan
Ibu dan Balita

Banyak ibu hamil yang mengkonsumsi susu karena mereka ingin sekali bayi di dalam kandungannya sehat. Ada juga yang ingin bayinya nanti cerdas. Hal ini dikarenakan adanya iklan di TV di mana susu kehamilan bisa mencerdaskan otak bayi walaupun masih ada di dalam rahim.


Tentu saja sah-sah saja jika ibu juga memiliki alasan yang sama ketika mengkonsumsi susu ibu hamil. Akan tetapi, tidak itu yang menjadi inti dari susu untuk ibu hamil. Ada manfaat lain yang lebih penting dari sekedar menjamin janin berkembang normal dan bayi ibu cerdas nantinya.

Diharapkan dengan mengetahui manfaat mengkonsumsi susu ibu hamil ini, ibu akan semakin semangat untuk selalu rutin minum susu.

Menstimulus Kelenjar Susu
Apakah ibu pernah melihat ada ibu yang sudah melahirkan bayinya namun tidak bisa memberikan ASI? Mereka akhirnya memberikan susu formula kepada sang buah hati.

Hal tersebut bisa disebabkan mereka kurang memperhatikan kesehatan saat masih mengandung. Pasalnya, kesehatan ibu hamil sangat menentukan apakah nantinya mereka siap untuk memberikan ASI atau tidak saat bayi lahir ke dunia. Hal ini disebabkan kesehatan ibu hamil akan sangat menentukan berfungsinya kelenjar ASI. Pada saat kehamilan muda, kelenjar ASI sudah berproduksi. 

Organ yang satu ini sudah mempersiapkan diri untuk memberikan ASI kepada bayi yang akan lahirnya.

Tentunya bukan faktor kelenjar itu saja yang menjadikan seorang ibu tidak bisa memberikan ASI kepada sang buah hati. Mungkin saja faktor stress, adanya penyumbatan pada saluran ASI, atau masalah kesehatan lainnya yang menyebabkan ASI tidak bisa keluar.

Akan tetapi, jika ibu ingin sekali nantinya memberikan ASI eksklusif untuk bayi ibu, maka saat hamil ibu harus rutin minum susu ibu hamil.

Mencegah Obesitas
Banyak salah kaprah menanggapi susu. Masyarakat awam menganggap susu bisa membuat gemuk. Bahkan, karena anggapan yang salah ini, banyak anak yang kurus akhirnya diminta untuk minum susu.

Sebenarnya, susu tak terkecuali susu untuk ibu hamil itu berfungsi agar tubuh memiliki berat badan proporsional, bukan membuat badan gemuk. Karena kandungan nutrisinya yang seimbang, susu dapat memastikan seorang ibu hamil terhindar dari masalah berat badan.

Ibu harus tahu obesitas pada ibu hamil bukanlah masalah yang sepele. Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah yang satu ini dan akhirnya berimbas pada bayi yang dikandung. Bayi mengalami obesitas juga dan proses persalinan menjadi sangat sulit.

Untuk menghindari masalah tersebut, ibu hanya perlu mengkonsumsi susu ibu hamil. Karena kandungan nutrisinya yang seimbang, ibu bisa memastikan kenaikan berat badan tidak di atas normal.

Obat Berbagai Jenis Penyakit
Banyak sekali keluhan kesehatan yang ibu hamil alami. Ibu juga pasti merasakan salah satu keluhan tersebut seperti sering mual, pusing, anemia, dan lain sebagainya. Itu tandanya ada nutrisi yang kurang di dalam tubuh ibu. Seperti contoh, anemia karena ibu kekurangan zat besi. Padahal, seorang ibu hamil harus lebih banyak memperoleh zat besi karena nutrisi tersebut harus dibagi dengan janin juga. Begitu juga keluhan lainnya.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi susu untuk ibu hamil merupakan solusinya. Kandungan nutrisinya yang seimbang membuat ibu bisa terhindar dari segala keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil.


Jadi, jelas kan bawasannya susu ibu hamil itu tidak hanya untuk kebaikan janin di dalam kandungan?

No comments:

Post a Comment