Tuesday, May 24, 2016

Awas, Waspadai Susu Kehamilan yang Sudah Basi

susu kehamilan
Ibu dan Balita

Bukan tidak mungkin lho susu ibu hamil yang dijual di toko itu sudah basi. Apalagi jika ibu membeli susu di toko yang berada di daerah pedesaan. Mungkin saja susu tersebut merupakan stok lama sehingga susu sudah melampai tanggal kadaluarsa.

Itulah mengapa sangat disarankan agar ibu membeli susu secara online. Saat ini susu kehamilan sudah dijual secara online untuk memastikan bawasannya susu tersebut tidak basi.
Bahayanya mengerikan lho Bu. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika ibu mengkonsumsi susu basi.

Bahaya Susu Basi
Reaksi yang paling sering terjadi jika ibu mengkonsumsi susu yang sudah basi adalah mulas. Ini merupakan reaksi spotan yang dilakukan oleh sistem pencernaan saat ada zat berbahaya seperti bakteri yang masuk ke dalam susu.

Namun, hal paling buruk yang mungkin terjadi adalah keracunan. Bukan tidak mungkin hal tersebut juga berpengaruh terhadap janin yang ibu kandung.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk memperhatikan apakah susu masih segar atau sudah basi. Jangan sampai setelah mengkonsumsi susu justru hal buruk terjadi pada ibu. Dan hal buruk tersebut juga bisa menular ke janin lho.

Tips Menghindari Susu yang Sudah Basi
Sebenarnya tidak sulit untuk mengenali susu basi. Hanya saja, kebanyakan orang tidak mewaspadai hal tersebut sehingga mereka asal beli dan asal mengkonsumsi susu tersebut.

Mulai sekarang, ibu harus lebih berhati-hati. Selain memastikan tanggal kadaluarsanya, ibu juga harus meneliti tekstur susu. Pasalnya, susu yang basi itu tidak hanya disebabkan oleh masa kedaluarsa yang sudah lewat, tapi juga cara penyimpanan yang salah. Penyimpanan di tempat yang lembab bisa mempermudah bakteri masuk dan berkembang. Dan hal inilah yang menjadikan susu basi.

Setelah ibu beli susu, buka dulu bungkusnya dan lihat teksturnya. Jika warna masih transparan atan putih bersih, maka susu tersebut masih segar. Jika ada warna kekuning-kuningan, sebaiknya ibu tidak mengkonsumsinya. Ada indikasi susu tersebut sudah basi dan terkontaminasi dengan bakteri.

Cara selanjutnya adalah mencium baunya. Saat bungkus susu dibuka, apakah ibu mencium bau yang menyengat? Kebanyakan susu tidak berbau. Kalaupun berbau, baunya segar. Jika baunya tidak enak dan sangat menyengat, itu tandanya susu sudah basi.

Agar tidak membeli susu yang sudah basi, sebaiknya ibu membeli di toko-toko yang memang sudah terpercaya. Akan lebih baik lagi jika ibu membeli susu secara online. Selain lebih mudah, ibu juga bisa memastikan susu tersebut langsung dari produsen sehingga sudah pasti tidak basi.

Ketahui Pula Cara Menyimpa Susu
Susu basi juga bisa disebabkan kelalaian ibu sendiri. Jika ibu membuat bungkus dan tidak menutupnya kembali, ada kemungkinan susu akan basi. Untuk itu, penting sekali bagi ibu untuk membuka bungkus susu lalu taruh susu ke dalam wadah yang ada penutupnya.

Supaya tidak repot, ibu bisa memilih susu ibu hamil yang sudah ada penutupnya. Susu tersebut sudah dipastikan dibungkus dengan kaleng yang higienis. Jadi, ibu tidak perlu susah payah mengganti wadah susu.

Yang pasti, pastikan janin di dalam kandungan mendapatkan segala kebaikan dari susu. Percuma jika ibu mengkonsumsi susu basi. Bukannya manfaat tapi madharat yang akan ibu dapatkan.

Semoga dengan mengkonsumsi susu ibu hamil, ibu akan sehat selalu dan janin berkembang optimal.


No comments:

Post a Comment