Tuesday, May 31, 2016

Susu Ibu Hamil yang Paling Dianjurkan Di Awal Kehamilan

Ibu dan Balita

Selamat ya ibu akan mendapatkan momongan baru. Meskipun masih harus menunggu kurang lebih 9 bulan lagi, yang pasti ibu sudah akan menggendong anak. Sekarang ada janin yang berada di dalam rahim. Dan tugas ibu saat ini adalah bagaimana agar janin sehat dan berkembang normal.


Untuk itu, sangat dianjurkan agar ibu minum susu ibu hamil setiap hari. Akan tetapi, jangan asal mengkonsumsi susu ya. Ibu harus pastikan susu tersebut baik untuk masa kehamilan muda.

Beberapa Hal yang Patut untuk Dipertimbangkan
Saat memilih susu untuk ibu hamil, ibu tidak bisa hanya mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam susu. Apalagi kebanyakan susu memiliki kandungan yang hampir sama. Mungkin kadarnya nutrisi tertentu saja yang sedikit agak berbeda.

Untuk itu, ibu juga perlu perhatikan apakah susu yang akan ibu pilih mengandung gula atau tidak. Pertimbangkan apakah ibu pernah memiliki riwayat penyakit diabetes atau tidak. Jika ya, maka sebaiknya ibu memilih susu dengan rendah gula.

Namun, sebenarnya tidak itu yang menjadi alasan utama. Saat kehamilan trimester pertama atau kehamilan muda, keluhan pertama yang sering ibu alami adalah mual dan muntah. Untuk mencegah mual dan muntah terutama setelah minum susu, ibu perlu memilih susu dengan kadar gula yang rendah. Hal ini disebabkan gula membuat ibu eneg dan akhirnya mual.

Selain itu, perhatikan juga kondisi susu. Beberapa kasus terjadi di mana susu sudah basi. Mungkin saja karena toko yang menjual susu stock lama. Bisa juga disebabkan susu tidak terbungkus dengan higienis.

Untuk menghidari hal tersebut, ibu perlu membeli susu untuk ibu hamil yang terbaik. Produsen susu terbaik tidak hanya memikirkan kualitas susunya saja, tapi juga kualitas bungkus atau wadah yang digunaka untuk memastikan susu tetap dalam kondisi baik hingga ke tangan konsumen.

Jadi, percuma saja jika ibu minum susu tapi ternyata susu tersebut sudah basi. Atau jangan-jangan kandungan di dalam susu sudah rusak karena penyimpanan di dalam wadah yang kurang baik.

Harga Susu Kehamilan
Kemudian, berapakah harga susu untuk ibu hamil yang terbaik? Sebenarnya kurang tepat jika ibu menanyakan pertanyaan tersebut. Karena terkesan ibu memandang kualitas susu berdasarkan harganya saja.

Memang kebanyakan barang yang berkualitas itu harganya sangat mahal. Tapi, terlalu subyektif jika ibu menilai kualitas susu dari harganya saja.

Awalnya, ibu harus menilai susu dari kandungannya dulu. Pariksa apakah semua nutrisi ibu hamil sudah ada di dalam susu tersebut atau tidak. Baru kemudian ibu periksa kemasannya. Apakah susu dikemas dengan baik sehingga terjaga kehigienisannya? Setelah itu, baru ibu mempertimbangkan tentang harga.

Walaupun ibu sudah mengkonsumsi susu sejak awal kehamilan, ibu juga perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi ya. Ibu harus ingat bawasannya susu hanya pelengkap saja. Kandungan nutrisi di dalam susu sudah ditakar sehingga ibu bisa mendapatkan gizi seimbang. Namun, tetap saja ibu harus mendapatkan asupan gizi lainnya seperti makan ikan laut, sayuran hijau, dan lain sebagainya.


Menjadi seorang ibu hamil itu memang berat. Ada dua tanggungjawab yang ibu emban, yaitu tanggungjawab menjaga kesehatan diri sendiri dan kesehatan janin. Oleh sebab itu, dibutuhkan ekstra nutrisi untuk memastikan ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan lancar mulai awal hingga proses persalinan nanti.

No comments:

Post a Comment