Tuesday, May 3, 2016

Cara Menyajikan Susu Ibu Hamil yang Benar

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan untuk ibu dan juga janin. Bagi ibu, susu tersebut akan membuatnya sehat selalu dan mampu menghadapi masa kehamilan dengan baik. Sementara itu, bagi janin yang ada di dalam kandungan, gizi di dalam susu akan memastikan perkembangannya normal.

Sayangnya, banyak ibu tidak menyadari bahwa mereka tidak bisa mendapatkan semua kebaikan dari nutrisi di dalam susu ibu hamil. Dan hal tersebut disebabkan oleh cara penyajikan susu yang salah. Cara penyajian yang salah membuat kandungan nutrisi di dalam susu rusak sehingga mereka tidak mendapatkan kandungan gizi yang mereka harapkan dari dalam susu.
Apakah ibu yakin sudah menerapkan cara menyajikan susu untuk ibu hamil yang tepat?

Penyajian Susu Ibu Hamil
Satu hal ini memang terlihat sangat sepele. Akan tetapi, jika hal sepele ini tidak ibu perhatikan, ibu akan sia-sia saja mengkonsumsi susu ibu hamil karena kebaikan gizi di dalam susu tidak ibu dapatkan.

Umumnya, para ibu hamil menyajikan susu dengan cara menuangkan susu ke dalam gelas baru kemudian air panas. Cara inilah yang tidak tepat. Menuangkan air panas ke dalam susu bubuk justru akan menghancurkan nutrisi di dalam susu, terutama protein.

Jika ibu selama ini menyajikan susu ibu hamil dengan cara tersebut, ibu harus menghentikannya. Mulailah dengan menuangkan air panas ke dalam gelas. Baru kemudian ibu bisa mencampurkannya dengan air dingin supaya air berubah menjadi hangat. Setelah itu, ibu bisa memasukkan susu bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air hangat. Dengan menerapkan cara ini, kandungan di dalam susu ibu hamil tidak rusak sehingga ibu bisa mendapatkan segala manfaat dari susu.

Bolehkan Menambahkan Gula pada Susu?
Setelah ibu tahu bagaimana cara menyajikan susu ibu hamil yang benar, ibu harus terapkan cara tersebut. Lalu, bagaimana dengan gula? Apakah ibu boleh menambahkan gula pada susu?

Sebenarnya, tidak masalah jika ibu menambahkan gula ke dalam susu. Hanya saja, ibu harus tahu bahwa kadar nutrisi termasuk gula itu sudah ditakar sesuai dengan rekomendasi ahli gizi ibu hamil. Artinya, ibu tidak perlu lagi menambahkan gula. Akan tetapi, jika ibu merasa susu ibu hamil kurang enak dan ibu ingin menambahkan gula, maka hal tersebut boleh ibu lakukan.

Akan tetapi, ibu harus jawab dulu satu pertanyaan ini. Apakah ibu melihat ada resiko terkena diabetes atau obesitas? Jika ya, maka sangat tidak direkomendasikan untuk menambahkan gula pada susu.

Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil dalam Keadaan Dingin
Satu pertanyaan lagi yang sering ditanyakan oleh ibu-ibu hamil, yaitu apakah boleh mengkosnumsi susu dengan menggunakan air dingin? Sebenarnya boleh saja. Hanya saja, menurut beberapa ahli gizi, jika susu ibu hamil disajikan dengan menggunakan air dingin, maka nutrisi tidak bisa tercampur dengan sempurna.

Seperti yang ada di setiap bungkus susu, walaupun berbeda merk, susu untuk ibu hamil sebaiknya disajikan hangat, bukan dingin. Jadi, pilihan terbaik adalah menyajikan susu dalam keadaan hangat saja.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu ketahui sepertu penyajian susu. Yang pasti, jangan sampai ibu tidak mengkonsumsi susu selama masa kehamilan. Banyak sekali manfaat yang bisa ibu dapatkan. Jika ibu ingin janin sehat dan bayi yang ibu lahirkan cerdas, maka sejak awal kehamilan ibu sebaiknya mengkonsumsi susu ibu hamil.


No comments:

Post a Comment