Monday, February 22, 2016

Ini dia Hal Biasa Terjadi Setelah Minum Susu Ibu Hamil


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil menjadi penyebab beberapa keluhan saat masa kehamilan. Setidaknya itu yang menjadi anggapan sebagian besar masyarakat.

Bagi ibu hamil muda yang baru pertama kali hamil, ibu harus mengetahui hal tersebut bawasannya ada beberapa keluhan kesehatan yang ada kemungkinan besar disebabkan oleh susu ibu hamil. Terlepas anggapan itu benar atau tidak, yang jelas banyak ibu hamil yang merasakan keluhan tersebut setiap kali selesai minum susu untuk ibu hamil.
Mual dan Muntah
Berapa usia kehamilan ibu saat ini? Jika masa kehamilan baru masuk trimester pertama, ibu akan sering mual dan muntah. Dalam ilmu kedokteran, itu disebut dengan morning sickness. Walaupun ada juga ibu hamil yang sama sekali tidak mengalami morning sickness namun jumlahnya sangat sedikit. Setidaknya, mereka mengetahui tanda-tanda kehamilan ketika mereka mual-mual dan bahkan muntah.
Sampai keadaan ini terjadi? Sebenarnya morning sickness bisa terjadi selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan perubahan hormone yang terjadi saat ibu hamil. Jadi, yang perlu ibu lakukan adalah mencari tahu bagaimana cara meringankan morning sickness seperti mengatur pola makan yang tepat untuk ibu hamil, mengkonsumsi sayuran hijau, dan lain sebagainya.
Bagaimana dengan mengkonsumsi susu ibu hamil? Sayangnya, banyak ibu hamil yang justru mengalami mual dan muntah yang luar biasa setelah mengkonsumsi susu tersebut. Jika ibu mengalami hal yang sama, apa yang ibu lakukan? Apakah langsung berhenti mengkonsumsi susu ibu hamil?
Kebanyakan akan memutuskan untuk tidak lagi mengkonsumsi susu kehamilan. Hal ini dikarenakan berhenti minum susu dianggap sebagai cara tepat untuk mengentikan mual dan muntah yang sering membuat tubuh mereka lemas.
Akan tetapi, sebenarnya bukan itu yang perlu ibu lakukan. Yang ibu perlu coba adalah mengurangi porsi susu ibu hamil. Ada kemungkinan tubuh ibu belum begitu toleran dengan kandungan susu untuk ibu hamil. Untuk itu, sebagai tahap perkenalan, ibu bisa mengurangi takaran susu yang ibu buat setiap hari.
Perut Kembung
Keluhan kesehatan lain yang sering dialami setelah minum susu ibu hamil adalah perut kembung. Memang untuk keluhan yang satu ini tidak sering dialami. Hanya wanita yang mengalami masalah dengan sistem pencernaan saja yang mengalami perut kembung setiap kali mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.
Akan tetapi, jika ibu sering mengalami perut kembung setelah minum susu kehamilan, ada baiknya ibu konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk mengecek kondisi kesehatan terutama sistem pencernaan ibu. Selain itu, ibu bisa meminta rekomendasi susu seperti apa yang cocok untuk ibu. Yang pasti, ibu harus memilih susu yang mengandung semua nutrisi ibu hamil.
Diare
Diare menjadi keluhan selanjutnya setelah merasa kembung. Ini seolah menjadi domino effect setelah minum susu ibu hamil. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat ibu berhenti mengkonsumsi susu kehamilan. Diare saat hamil juga dipengaruhi oleh produksi hormone dalam tubuh yang meningkat. Hormone tersebut dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Hanya saja, ibu yang akan merasakan imbasnya, yaitu diare.
Akan tetapi, apakah ibu ingin mengorbankan kesehatan janin dengan berhenti minum susu hanya karena diare? Tentu saja tidak kan.
Beberapa keluhan tersebut sering dikaitkan dengan susu untuk ibu hamil. Padahal, keluhan kesehatan tersebut di atas disebabkan beberapa faktor. Yang jelas, ibu akan menyesal sekali jika ternyata bayi dalam kandungan tidak berkembang optimal hanya karena ibu tidak mau minum susu untuk ibu hamil. Untuk itu, akan lebih baik jika ibu mencari solusi terhadap keluhan kesehatan yang ibu hadapi dan tetap mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment