Thursday, February 25, 2016

Memilih Menu Vegetarian untuk Nutrisi Ibu Hamil Harian

nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia
Nutrisi ibu hamil adalah sesuatu yang sangatlah penting. Hal ini karena untuk mendukung janin dalam kandungan agar mampu berkembang dengan baik maka apa yang dikonsumsi ibu mendapat tempat dan perhatian khusus. Untuk menjaga kesehatan diri dan janinnya, wanita hamil diharuskan mampu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan juga menghindari stress serta mengurangi aktivitas berat.
Berbicara soal nutrisi ibu hamil, sangat banyak sekali hal – hal yang harus dipenuhi. Makanan tersebut tidak hanya harus mengenyangkan tetapi juga kaya akan gizi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan wanita hamil dan perkembangan janin. Ya, nutrisi seperti asam folat untuk mendukung pembentukan syaraf bayi dan zat besi yang merangsang pembentukan plasenta sangatlah diperlukan. Untuk itu, anda harus memilih makanan yang memang benar – benar bernutrisi.

Tetapi, pernahkah anda berpikir tentang diet vegetarian saat mengandung? Dewasa ini pola makan yang memiliki nama terkenal sebagai vegan banyak digandrungi oleh tidak hanya wanita tapi pria kebanyakan. Pola makan yang menghindari berbagai jenis daging dan yang diolah dengan cara digoreng ini sangatlah baik bagi untuk kesehatan. Namun, bagaimana jika pola makan tersebut diterapkan pada saat hamil? Apakah seluruh nutrisi ibu hamil seluruhnya terpenuhi?

Jawabannya, ya bisa. Anda yang saat ini sedang mengandung harus berbangga karena diet vegan anda tidak terganggu oleh kehamilan. Selama 9 bulan kedepan, anda dapat membesarkan janin dalam kandungan namun tetap mengonsumsi buah dan sayur saja. Lalu, pertanyaannya bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

Moms, berikut adalah daftar nutrisi penting untuk ibu hamil yang harus anda penuhi tatkala sedang mengandung, yaitu :

1.    Asam Folat

Kandungan yang harus dipenuhi pertama adalah asam folat. Jenis nutrisi ini sangatlah penting untuk dipenuhi oleh seorang ibu hamil muda karena mendukung perkembangan sistem saraf pusat. Hal ini sangatlah penting karena saraf pusat merupakan bagian yang bertugas sebagai koordinator pada sistem gerak tubuh hingga pusat kecerdasan. Boleh dibilang, sistem saraf yang sempurna, akan memberikan jabang bayi kemampuan untuk berkembang kelak ia akan lahir. Selain itu, kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan ruas tulang belakang tidak mampu menutup secara sempurna.

Oleh karenanya, sedemikian pentingnya asam folat maka ia pun harus dipenuhi setidaknya 0.4 mg per hari. Jenis makanan yang banyak mengandung asam folat adalah diantaranya bayam. Dalam 1 cangkir bayam mengandung 58 mikrogram dan juga ½ buah alpukat mengandung 45 mikrogram asam folat. Andapun dapat menambahkan buah pisang untuk terpenuhinya asam folat harian anda. Karena didalam 1 buah pisang terkadung 24 mikrogram asam folat tersebut.

2.    Protein

Selain asam folat, jenis nutrisi ibu hamil lain yang harus terpenuhi adalah protein. Bagi kebanyakan orang, sumber protein haruslah dari konsumsi daging. Tapi, apakah demikian? Faktanya protein itu adalah jenis nutrisi yang dapat diperoleh dari berbagai sumber. Beragam jenis kacang – kacangan seperti kacang kedelai dan produk olahannya, kacang hijau, hingga kacang merah dan almond mengandung protein yang cukup tinggi.

Selain itu, beras merah juga bisa dijadikan pilihan untuk terpenuhinya kebutuhan protein harian ibu hamil. Dalam sehari, jumlah protein yang diperlukan adalah 60 gram. Hal ini berfungsi untuk membantu proses pembentukan janin serta mendukung setiap inci pertumbuhannya. Disamping itu, dengan kebutuhan protein yang terpenuhi, dapat membangun sistem kekebalan tubuh, enzim serta merangsang pembentukan sel darah merah.

3.    Zat Besi

Nutrisi ketiga adalah zat besi. Ya, senyawa kimia dengan nama Fe ini sangatlah diperlukan untuk menyuplai makanan dan oksigen untuk janin melalui plasenta. Zat besi bisa didapatkan oleh berbagai jenis makanan sekaligus suplemen. Untuk menjaga kesehatan wanita hamil yang memiliki pola makan vegetarian, harus memasukkan jenis makanan seperti sereal, kacang kedelai dan bayam masak untuk terpenuhinya kebutuhan zat besi. Dalam sehari, dibutuhkan lebih kurang 15 miligram zat besi untuk dapat mendukung kebutuhan harian wanita hamil.

4.    Kalsium

Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang selanjutnya diperlukan adalah kalsium. Senyawa kimia dengan nama Ca ini diperlukan untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi pada janin. Dalam sehari diperlukan lebih kurang 800 miligram Ca yang diperoleh dari berbagai jenis makanan. Untuk menu vegan sendiri, kalsium atau Ca dapat diperoleh dari kacang kedelai, bayam rebuh, hingga buah jeruk dengan ukuran sedang. Saat usia kandungan memasuki trisemester ke 3, asupan kalsium meningkat menjadi 25 hingga 30 gram kalsium.


Baik moms seperti kehamilan bukan penghalang bagi anda untuk tetap menerapkan pola makan vegan asalkan segala jenis nutrisi ibu hamil yang diperlukan terpenuhi untuk menjaga kesehatan janin dan diri anda.

No comments:

Post a Comment