Friday, February 19, 2016

Masih Ragu antara Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil atau Tidak


susu ibu hamil
Friso Indonesia
Susu ibu hamil memang sudah diiklankan sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Siapapun juga pasti ingin memiliki buah hati yang sehat. Oleh karena itu, mereka pasti berupaya sekuat tenaga untuk memastikan mulai saat masih di dalam kandungan, si kecil sehat selalu.
Sayangnya, tidak sedikit yang ragu untuk mengkonsumsi susu ibu hamil. Apakah termasuk satu di antara ibu-ibu di luar sana yang ragu?
Alasan Kenapa Ragu Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil
Banyak sekali alasan yang diutarakan kenapa mereka ragu ketika harus mengkonsumsi susu ibu hamil. Ada yang beralasan masalah finansial. Tentu alasan ini bisa dipahami. Hanya saja apakah mereka tidak berpikir pencegahan itu lebih dari pengobatan.
Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi susu ibu hamil. Salah satunya adalah untuk memastikan kesehatan ibu hamil terjaga mulai awal kehamilan hingga persalinan. Apakah mereka tidak membayangkan bagaimana jika ternyata kondisi kesehatan ibu hamil drop sehingga mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan?
Namun, ada juga yang beralasan bahwa minum susu dengan tidak itu sama saja. Memang ada beberapa ibu hamil yang tidak mengkonsumsi susu kehamilan dan bayi yang dilahirkan sehat. Itu bisa saja terjadi karena mungkin saja ibu tersebut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan yang sehat.
Namun, apa mereka tidak melihat beberapa kasus bayi yang lahir dalam keadaan tidak sehat hanya karena ibu tersbut tidak mau mengkonsumsi susu ibu hamil? Mereka bisa saja berkilah bahwa mereka akan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan balita dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Akan tetapi, pertanyaannya sekarang adalah apakah mereka yakin kadar nutrisinya sudah tepat?
Seperti contoh, protein itu sangat dibutuhkan untuk perkembangan organ bayi ketika masih di dalam kandungan. Hanya saja, terlalu banyak protein juga tidak baik bagi ibu hamil. Itulah mengapa lebih aman jika mengkonsumsi apapun jenis susu ibu hamil yang sesuai dengan kondisi kesehatan sang ibu. Susu sudah diformulasikan sehingga kandungan setiap nutrisi sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.
Terlepas dari itu semua, banyak sekali alasan lainnya yang membuat ibu hamil ragu dan bahkan merasa tidak perlu mengkonsumsi susu kehamilan. Padalah, ada bahaya yang mengancam jika benar nutrisi yang seharusnya didapatkan oleh bayi selama dalam rahim tidak tercukupi.
Hindari Bayi Lahir dalam Keadaan Cacat
Apakah ibu tahu apa fungsi asam folat bagi janin? Sebenarnya asam folat ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Banyak sekali kasus terjadi di mana akhirnya seorang ibu melahirkan bayi dalam keadaan cacat karena ibu tersebut tidak mampu memenuhi nutrisi berupa asam folat selama masa hamil. Padahal, asam folat ini sangat mudah didapatkan, yaitu dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil.
Itu hanya satu dari sekian banyak hal buruk yang mungkin terjadi jika nutrisi tidak terpenuhi. Lebih parah lagi, janin di dalam kandungan tidak berkembang sehingga terjadi keguguran.
Siapapun tidak ingin hal tersebut terjadi. Untuk itu, sayang jika ibu masih ragu untuk mengkonsumsi susu ibu hamil. Banyak  sekali manfaat yang bisa ibu dapatkan jika mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Kesehatan ibu selama masa kehamilan terjaga dan janin bisa berkembang maksimal.
Lebih penting lagi, dengan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil, hal yang buruk seperti bayi lahir dalam keadaan cacat dan juga keguguran bisa dihindari. Jadi, hilangkan rasa ragu tersebut dan mulailah untuk mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment