Thursday, February 4, 2016

Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil Bisa Menurunkan Resiko Obesitas


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil sering disepelakan. Bahkan, tidak sedikit wanita yang sedang mengandung tidak mau mengkonsumsi susu tersebut. Alasannya sama. Mereka merasa tidak ada gunanya minum susu kehamilan. Mereka sudah makan makanan yang sehat sehingga mereka tidak merasa susu untuk ibu hamil penting untuk dikonsumsi.

Lebih dari itu, banyak juga yang berhenti minum susu ibu hamil karena mereka justru merasa mual dan muntah setiap kali mengkonsumsi susu tersebut. Apakah ibu juga merasakan hal yang sama?
Terlepas dari itu semua, banyak tidak mengerti ternyata susu untuk ibu hamil itu tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kehamilan tapi juga mencegah obesitas atau kegemukan saat hamil. Setidaknya, dengan mengkonsumsi susu ibu hamil secara rutin, resiko obesitas bisa diturunkan. Benarkah hal tersebut?
Bukti Susu Kehamilan Bisa Menurunkan Resiko Kegemukan
Tidak banyak yang tahu ternyata susu untuk ibu hamil bisa mengurangi resiko kegemukan. Selama ini, kebanyakan hanya tahu bahwa nutrisi yang terkandung di dalam susu kehamilan itu diperlukan untuk memastikan kesehatan ibu hamil terjaga dan asupan gizi janin dalam kandungan terpenuhi sehingga perkembangannya baik dan normal.
Namun, ternyata tidak hanya itu. Susu ibu hamil juga bisa mencegah kegemukan. Harus diketahui bahwa ibu hamil itu rentan sekali terhadap persoalan obesitas. Hal ini dikarenakan ibu hamil sering merasa lapar dan nafsu makannya sangat tinggi. Belum lagi jika mereka ngidam makanan yang notabene mengandung lemak yang tinggi. Bukan tidak mungkin obesitas akan menyerang mereka hingga masa persalinan nanti.
Oleh karena itu, penting sekali seorang ibu hamil mengkonsumsi susu kehamilan. Susu ibu hamil diformulasikan agar nafsu makan bisa dikendalikan. Hal ini dikarenakan kandungan  protein di dalam susu tersebut. Protein tidak hanya dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan, tapi juga untuk mengendalikan nafsu makan.
Hanya saja, dalam hal ini ibu harus tahu juga berbagai jenis susu ibu hamil. Pastikan susu yang ibu pilih tidak mengandung gula yang tinggi karena kandungan gula justru akan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, gula itu sendiri juga akan membuat resiko kegemukan semakin tinggi.
Diet untuk Ibu Hamil
Bagaimana jika ibu sudah mengalami masalah obesitas? Apakah susu ibu hamil bisa membantu mengatasi masalah tersebut? Tentu saja bisa. Jika dilihat dari penjelasan tersebut di atas di mana susu kehamilan bisa mengendalikan nafsu makan, maka jelas bahwa susu untuk ibu hamil ini bisa dijadikan menu diet.
Memang ibu hamil dilarang menjalankan diet karena dikhawatirkan nutrisi yang diperlukan janin tidak terpenuhi. Akan tetapi, jika program diet dilakukan dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil, sepertinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Selain itu, ibu hamil yang mengalami masalah obesitas juga bisa mulai mengikuti kegiatan yang bisa membakar lemak jahat dalam tubuh tanpa membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Salah satu kegaitan yang direkomendasikan adalah senam ibu hamil. Senam hamil ini meliputi gerakan-gerakan yang aman untuk dilakukan ibu hamil tanpa membahayakan janin dalam kandungan.
Selain senam ibu hamil, kegiatan yang bagus adalah yoga. Dengan mengikut yoga, tubuh akan rileks, stress akan reda, dan ibu bisa mengendalikan nafsu makan. Karena salah satu penyebab nafsu makan bertambah yang mengakibatkan obestias adalah stress. Diharapkan dengan melakukan kegiatan seperti senam ibu hamil dan yoga, masalah kegemukan bisa teratasi. Namun, yang pasti, ibu harus rutin mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment