Wednesday, February 17, 2016

Minum Susu Ibu Hamil Sebagai Langkah untuk Mensiasati Morning Sickness


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil selama ini dianggap sebagai penyebab morning sickness. Apakah ibu juga menganggap seperti itu? Anggapan tersebut jelas kurang tepat dan tidak berdasar. Morning sickness bukan disebabkan oleh susu ibu hamil, tapi ada faktor lain yang memicu terjadinya morning sickness.

Lebih dari itu, justru susu tersebut mengandung nutrisi ibu hamil yang bisa meringankan morning sickness, bukan justru sebaliknya. Apakah ibu memerlukan penjelasan ilmiah? Berikut penjelasan selengkapnya.
Morning Sickness Merupakan Gejala Hormonal
Apa itu morning sickness? Lebih mudahnya, ini merupakan gejala kehamilan seperti mual dan muntah. Ibu hamil pada trimester pertama sering kali merasa mual dan muntah di pagi hari. Kebanyakan setelah mereka mengkonsumsi susu ibu hamil, rasa mual dan muntah itu semakin parah. Padahal, sebenarnya bukan itu penyebabnya.
Mual dan muntah seorang ibu hamil disebabkan perubahaan hormonal. Artinya, jumlah hormone yang diproduksi oleh wanita hamil lebih banyak sehingga memicu lambung untuk bereaksi menjadi mual dan muntah. Semakin banyak jumlah hormone yang diproduksi, maka akan semakin para rasa mual dan muntah tersebut.
Lalu, apakah ada cara untuk meredakannya atau setidaknya meringankan morning sickness ini? Tentu saja ada. Kandungan nutrisi ibu hamil di dalam susu kehamilan bisa meringankan mual dan muntah. Akan tetapi, sebelumnya, harus dipahami bahwa mual dan muntah merupakan pertanda bagus. Pertama, ibu jadi yakin bahwa ibu sedang mengandung. Dan yang kedua, hormone diproduksi lebih banyak yang artinya hormone tersebut bisa mencukupi untuk kebutuhan perkembangan janin dalam kandungan.
Jadi, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika ibu mengalami morning sickness. Bahkan sebaiknya ibu seharusnya bersyukur karena morning sickness berarati janin dalam kandungan berkembang normal.
Hanya saja, pada kondisi tertentu, morning sickness membuat kesehatan ibu hamil drop. Itulah mengapa seorang ibu hamil harus tahu bagaimana cara meringankan mual dan muntah.
Cara Tepat Meringankan Morning Sickness
Hilangkan anggapan bahwa susu ibu hamil memperparah morning sickness. Jelas itu anggapan yang salah. Jika ibu merasa mual setelah mengkonsumsi susu kehamilan, ibu bisa coba untuk mengurangi takaran dan lihat hasilnya. Mual atau muntah tidak akan semakin parah. Yang jelas, tidak ada alasan untuk berhenti mengkonsumsi susu ibu hamil apalagi ibu menginginkan janin dalam kandungan berkembangan optimal tanpa adanya cacat.
Selain itu, ubahlah pola makan yang biasanya ibu makan 3 kali sehari, usahkan ibu makan 4-5 kali sehari. Akan tetapi, porsinya dikurangi. Pasalnya, mengkonsumsi makanan terlalu banyak bisa memicu mual dan muntah untuk ibu hamil. Jadi, solusi yang paling tepat adalah mengurangi porsi makan namun menambah jumlah makan setiap hari.
Akan lebih baik lagi jika ibu mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang segar. Morning sickness akan reda dan ibu tidak perlu takut lagi lemas karena sering muntah. Muntah akan membuat ibu lemas karena semua makanan yang ibu konsumsi ibu keluarkan lagi.
Itulah penjelasan ilmiah tentang bagaimana sebenarnya ibu hamil mengalami morning sickness. Penjelasan tersebut juga sekaligus menyangkal jika susu lah yang menjadi penyebab ibu hamil sering mual dan muntah di pagi hari. Jadi, mulai sekarang, terapkan tips meredakan morning sickness dan ibu tidak perlu takut untuk mengkonsumsi susu. Bahkan, jika ibu ingin sehat selalu dan janin dalam kandungan berkembangan optimal, tidak ada cara lain sebagai memenuhi nutrisi dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment