Tuesday, February 16, 2016

Susu Ibu Hamil itu Penting, Tapi Tidak Wajib

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil telah beredar sangat luas diberbagai toko kebutuhan sehari – hari. Ditambah lagi, berbagai jenis iklan susu khusus ibu hamil dan susu untuk ibu menyusui turut mewarnai perang berbagai merk produk susu.
Namun, kebanyakan dari ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi susu selama masa kehamilan. Hal ini untuk mendukung kecukupan nutrisi ibu hamil yang dapat berdampak langsung pada kesehatan dari perkembangan janin. Kandungan seperti asam folat, AA dan DHA sangatlah penting untuk ibu hamil tetapi tidak hanya diperoleh dari susu kehamilan saja, namun dari berbagai jenis makanan yang kaya akan nutrisi bergizi.

Lalu, seberapa penting kebutuhan susu untuk ibu hamil bagi anda?

Tergantung Kondisi

Faktanya, susu ibu hamil ini sangatlah penting. Kondisi tersebut benar namun dengan berbagai situasi. Artinya, jika moms cenderung mengonsumsi makanan yang sedikit dan kurang bernutriis, wajib bagi anda untuk memasukan susu ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anda. Nah, di lain sisi, jika anda rajin mengonsumsi berbagai buah dan sayur setiap harinya, konsumsi susu bisa saja anda tidak lakukan karena memang segala nutrisi yang dibutuhkan telah tercukupi.

Oleh karena itu, penting dan tidaknya konsumsi susu didasari oleh kebiasan yang anda lakukan. Misalnya anda tidak mengonsumsi susu dan rajin mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang diperoleh dari berbagai sayur dan buah. Namun, setiap kali selesai makan, anda sering mengalami mual yang disertai muntah. Kembali dapat disimpulkan, nutrisi yang diperlukan tidak terpenuhi oleh ibu. Oleh karena itu, anda harus mengonsumsi susu ibu hamil yang dapat menutupi gizi dari makanan yang telah anda muntahkan sebelumnya.

Perhatikan Komposisi

Nah, jika anda lebih memilih untuk mengonsumsi susu selama hamil, anda harus memerhatikan kandungan dari susu yang anda pilih. Misalnya untuk kondisi ibu hamil muda, pilih jenis susu yang memiliki kandungan vitamin B6 untuk mengatasi morning sickness. Selain itu, perhatikan juga kandungan seperti asam folat dan DHA yang berguna untuk janin dalam pembentukan saraf dan otak.

Saat usia kandungan semakin membesar, pilih jenis susu yang mengandung zat besi agar selama mengandung, ibu dapat terhindar dari anemia dan bayi lahir secara prematur. Perhatikan juga kandungan kalsium pada susu yang anda pilih karena jenis mineral ini sangat diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi dari janin serta untuk mengingkatkan metabolisme.

Susu Ibu Hamil Ada Kok Alternatifnya

Namun dilain sisi, susu ibu hamil tidak harus diberikan karena memang pada jenis susu full cream biasa juga memiliki komposisi yang sama. Yang membedakan susu ibu hamil dan susu biasa adalah adanya asam folat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asam folat berguna untuk saraf dan pembentukan otak sebagai pusat kecerdasan bayi anda.

Namun, anda bisa mendapatkan nutrisi asam folat dengan jumlah yang tinggi dari jenis asupan lain misalnya sayuran. Contoh makanan yang mengandung asam folat yang tinggi adalah bayam atau sekitar 194 mcg per 100 gram. Selain itu brokoli juga bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian ibu.

Bukan kewajiban ibu untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil, karena secara umum kandungan dari susu ibu hamil bisa digantikan dengan berbagai asupan yang tersedia. Namun, apabila ibu memang tidak bisa memakan berbagai jenis asupan dan cukup pemilih dalam makan, jangan lupa untuk mengonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment