Wednesday, February 3, 2016

Susu Ibu Hamil Penambah Nafsu Makan


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil memberikan banyak manfaat. Selain menjamin janin dalam kandungan berkembagan normal, susu kehamilan ternyata juga bisa membuat nafsu makanan ibu hamil bertambah.


Mungkin ada beberapa orang yang tidak setuju. Pasalnya, kebanyakan ibu hamil yang mengkonsumsi susu justru kehilangan nafsu makan. Mereka merasa mual dan muntah setelah mengkonsumsi susu ibu hamil sehingga gairah untuk makan hilang.
Dalam kasus tersebut di atas, kehilangan nafsu makan bukan karena susu, namun karena ibu hamil tidak menerapkan cara yang tepat mengkonsumsi susu ibu hamil sehingga yang terjadi justru mual dan muntah yang efek sampingnya kehilangan nafsu makan.
Pada dasarnya, susu untuk ibu hamil itu bisa menjadi penambah nafsu makan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasannya.
Kadungan dalam Susu untuk Ibu Hamil untuk Penambah Nafsu Makan
Apa saja yang ibu ketahui tentang kandungan dalam susu ibu hamil? Ibu bisa sebutkan mulai dari kalsium, protein, vitamin, serat, AA dan DHA, dan masih banyak lagi.
Dari beberapa nutrisi dalam susu untuk ibu hamil tersebut di atas apakah ibu tahu apa gunanya protein? Mungkin ibu sudah banyak membaca artikel tentang cara menjaga kehamilan. Salah satu tipsnya adalah memenuhi protein karena zat inilah yang akan memastikan berat badan bayi dalam kandungan normal, organ tubuhnya lengkap, dan bayi sehat hingga nanti proses persalinan.
Namun, tahukah ibu ternyata protein bisa meningkatkan nafsu makan? Menurut ahli gizi, protein itu berperan sebagai pengatur nafsu makan. Jadi, kandungan inilah yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar ia tidak kehilangan nafsu makan.
Di sisi lain, karena fungsi sebagai pengatur nafsu makan, selama ibu mengkonsumsi susu ibu hamil, ibu bisa terhindari dari obesitas atau kegemukan. Pasalnya, nafsu makan ibu dikontrol sehingga ibu tidak terlalu banyak makan selama masa kehamilan.
Jadi, jelas sudah bukan bagaimana peran susu untuk ibu hamil sebagai minuman yang bisa menambah nafsu makan? Lebih tepatnya susu kehamilan untuk mengatur pola makan sehingga ibu bisa mengkonsumsu makanan dalam jumlah yang tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak.
Cara Menambah Nafsu Makan Selain Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil
Keterangan tersebut di atas setidaknya bisa mengklarifikasi bahwa salah jika menganggap susu untuk ibu hamil itu bisa mengurangi nafsu makan. Justru susu kehamilan menjadi pengatur nafsu makan.
Namun, bukan berarti ibu hanya bisa bergantung pada susu saja. Ada cara lain yang bisa ibu lakukan selain mengkonsumsi susu ibu hamil ini jika ibu kehilangan nafsu makan pada masa kehamilan. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat ini sangat diperlukan agar sistem pencernaan lancar. Jika sistem pencernaan baik-baik saja, maka makanan yang ibu konsumsi akan dicerna dan rasa lapar akan datang.
Selain itu, makanlah makanan yang tidak mengandung lemak. Dalam hal ini, ibu juga harus tahu jenis susu ibu hamil. Usahakan ibu tidak memilih susu yang terlalu banyak kandungan lemaknya.  Makanan dan susu yang mengandung lemak akan membuat ibu kehilangan nafsu makan. Akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.
Mengkonsumsi teh juga bisa menjadi solusi lain untuk mengatasi kehilangan nafsu makan. Teh bisa ibu jadikan minuman setiap hari, seperti di sore hari ketika santai. Akan tetapi, walaupun ibu minum teh, ibu jangan lupa untuk  mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment