Tuesday, February 2, 2016

Panduan Tetap Sehat dengan Asupan Kaya Nutrisi Ibu Hamil


nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia
Nutrisi Ibu Hamil sangatlah diperlukan bagi anda yang memang saat ini sedang mengandung buah hati. Dengan banyaknya hal yang memang harus diperhatikan pada masa kandungan tertentu, membuat anda dengan sangat menjaga pola makan untuk memastikan nutrisi yang terkandung memang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang diperlukan ternyata sangat berkaitan dengan usia kandungan. Artinya, seorang ibu hamil dengan usia kandungan muda berbeda kebutuhan nutrisinya dengan yang kandungannya menjelang kelahiran.
Trisemester Pertama

Masa kandungan ibu hamil itu biasanya dikenal dengan trisemester. Trisemester mengindikasikan usia per 3 bulan. Misalnya, pada trisemester pertama, berarti usia kandungan yang dimaksud adalah bulan 1 hingga 3. Dan pada usia tersebut, merupakan masa dimana gizi dari makanan disimpan sebanyak – banyaknya sebagai persediaan untuk trisemester selanjutnya.

Pada usia kandungan yang relatif masih muda, ibu hamil cenderung untuk mual disertai muntah. Tetapi tetap saja, meskipun mual tersebut sifatnya umum, namun asupan yang diberikan tetap harus bernutrisi dan terus menerus. Jangan sampai kondisi perut dalam keadaan lapar karena bayi dalam kandungan harus terus dinutrisi meskipun plasenta pada usia tersebut belum terbentuk sempurna, namun ibu hamil tetap harus mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Trisemester Kedua

Kemudian pada trisemster kedua, janin sudah berusia 4 hingga 6 bulan dan berkembang cukup signifikan dibandingkan pada trisemster sebelumnya. Janin tersebut tumbuh mencapi 10 gram setiap harinya. Di sisi lain, tubuh ibu juga sudah cukup beradptasi dan plasenta untuk mengantarkan sari makanan dari tubuh ibu hamil ke janin juga sudah terbentuk sempurna. Pada tahap ini, sangatlah penting nutrisi ibu hamil yang baik karena proses penyimpanan lemak dan komposisi penyusun ASI (Air Susu Ibu) lainnya mulai terbentuk. Maka dari itu, konsumsi susu ibu hamil sangatlah dianjurkan mengingat produksi ASI diawali pada fase ini. ASI yang berkualitas tentu sangat menentukan perkembangan janin kelak si Kecil dilahirkan.

Trisemester Ketiga

Pada trisemster terakhir ini, usia janin sudah mencapai 7 hingga 9 bulan. Kebutuhan yang diperlukan oleh ibu hamil adalah segala macam asupan yang mendukung beragam vitamin dan mineral untuk pembentukan otak dari janin. Pada fase ini, berdasarkan penuturan pakar medis, harus mengonsumsi makanan dengan 4 komponen utama yaitu karbohidrat, protein, dan vitamin serta mineral. Dalam sekali makan, paling tidak seorang ibu hamil harus mengonsumsi seluruh komponen tersebut dengan porsi yang sama. Dan jangan sampai berat sebelah karena hal tersebut membuat tubuh ibu gemuk dan menyimpan terlalu banyak energi cadangan.

Setelah para moms mengetahui kebutuhan asupan berdasarkan usia dari kandungan, tentu moms juga ingin tahu, sebenarnya contoh asupan seperti apa dianjurkan untuk mendukung perkembangan janin anda. Simak ulasannya berikut ya!

Pedoman Asupan Kaya Nutrisi Ibu Hamil

1.     Makan sebanyak 4 – 6 Kali dalam Sehari

Panduan pertama adalah ketika sedang hamil, sangatlah wajar untuk mengnsumsi makanan lebih dari 2 atau 3 kali sehari. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang anda konsumsi harus dapat mendukung perkembangan janin. Tetapi anda patut memerhatikan apabila mulai mual dan muntah, hentikan proses menguyah dan makan saat itu juga. Karena jika dipaksa, makanan yang berhasil masuk akan keluar lagi.

2.     Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Ya, ini sangat penting karena percuma saja anda banyak mengonsumsi bermacam makanan tetapi gizi yang dikandung nihil. Komponen seperti karbohidrat, protein, dan bermacam vitamin harus masuk kedalam daftar menu anda. Pilih jenis karbohidrat non-kompleks yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh, serta protein yang minim lemak.

3.     Rajin Minum Air Putih

Selain itu, pastikan anda mengonsumsi air putih secara cukup. 8 gelas adalah angka minimum bahwa air putih harus dikonsumsi. Kekurangan air putih sangatlah merugikan diri anda apalagi janin dalam kandungan. Segera minum ketika anda sudah haus jangan menunggu hingga terjadi dehidrasi.

4.     Melengkapi Asupan dengan Susu Ibu Hamil

Selain pola makan yang sehat dan tidak ketinggalan konsumsi air putih yang cukup, anda harus melengkapi asupan harian anda dengan susu ibu hamil yang mampu mendukung kesehatan diri dan perkembangan janin anda. Kandungan susu khusus ibu hamil yang sangat kaya akan vitamin dan mineral patut diperhatikan ketika anda sedang menentukan pilihan.

5.     Hindari Makanan Mentah dan Seafood

Terakhir anda harus menghindari beragam sajian makan yang disajikan dalam keadaan mentah. Ya, bakteri yang berkembang pada makan tersebut tidak hilang oleh proses pemasakan. Selain itu, hidangan laut atau seafood juga harus anda kaji ulang kandungan yang terkandung karena tidak seluruhnya penting dan diperlukan sebagai nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment