Tuesday, December 15, 2015

Beberapa Alasan Ibu Berhenti Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Susu Ibu Hamil


Susu untuk ibu hamil penting sekali untuk dikonsumsi. Hanya saja, tidak sedikit ibu-ibu hamil di luar sana yang akhirnya berhenti mengkonsumsi susu kehamilan. Mungkin ibu salah satunya atau ibu salah satu ibu hamil yang berencana untuk berhenti mengkonsumsi susu tersebut. Akan tetapi, ibu khawatir jika keputusan untuk tidak mengkonsumsi susu kehamilan lagi tersebut akan mempengeruhi kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.


Beberapa alasan dikemukakan oleh ibu hamil yang akhir tidak mau melanjutkan mengkonsumsi susu ibu hamil. Alasannya sangat klise dan kemungkinan itu menjadi alasan ibu untuk berhenti atau berniat untuk berhenti mengkonsumsi susu kehamilan.

Alasan Ibu Berhenti Minum Susu Kehamilan

Ibu pasti sering merasakan mual setelah mengkonsumsi susu ibu hamil. Rasa mual tersebut tentu saja tidak perlu dikhawatirkan jika beberapa menit setelah mengkonsumsi susu rasa mual tersebut hilang. Sayangnya, rasa mual tersebut mengganggu kegiatan ibu setiap hari. Apalagi jika ibu harus minum susu kehamilan 3-4 kali sehari. Bisa ibu bayangkan berapa beratnya masa kehamilan ibu.

Mual setelah mengkonsumsi susu itu sering dirasakan ketika masa kehamilan muda. Pasalnya, pada masa hamil muda, hormon progesteron diproduksi dalam jumlah yang cukup banyak sementara susu membuat lambung semakin mual.

Ini merupakan alasan yang sering digunakan ibu hamil yang akhirnya tidak mau minum susu kehamilan lagi.

Ada juga alasan yang lain, yaitu rasa bosan. Berapa kali ibu mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari? Ada yang menyarankan 3 kali sehari. Ada juga yang menyarankan lebih dari 3 kali jika masih dalam masa kehamilan muda. Dan ibu bayangkan hal tersebut ibu lakukan selama 9 bulan.

Bagi ibu yang sabar dan tidak memiliki kesibukan yang luar biasa, mungkin hal tersebut bisa dilakukan secara teratur. Akan tetapi, bagi wanita karir yang sedang hamil, minum susu secara teratur itu sangat sulit.

Itulah yang membuat ibu sering merasa bosan untuk mengkonsumsi susu meskipun susu kehamilan dipahami sebagai sumber nutrisi ibu hamil yang sangat penting, mulai dari protein, kalsium, vitamin, omega 3, dan lain sebagainya.

Hanya saja, rasa malas dan bosan mampu membuat banyak sekali ibu hamil akhirnya membuat keputusan untuk tidak lagi mengkonsumsi susu kehamilan.

Mungkin ibu memiliki alasan lain lagi. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah meninggalkan mengkonsumsi susu kehamilan itu dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan ibu dan bahkan janin dalam kandungan.

Pengaruh Susu Ibu Hamil terhadap Kesehatan Ibu dan Janin dalam Kandungan

Setiap ibu pasti ini melahirkan anak yang sehat. Ibu juga ingin menjaga kesehatannya selama masa kehamilan agar perkembangan janin di dalam rahim tidak terganggu. Asupan gizi yang seimbang sangat diperlukan.

Lalu, pertanyaanya dari mana ibu memastikan asupan nutrisi ibu hamil tercukupi? Ibu bisa mengatakan ibu akan mengkonsumsi makan-makanan sehat. Namun, yakinkah makanan tersebut mengandung jumlah gizi seimbang?

Bukan hanya kebutuhann gizi yang diperlukan, namun gizi tersebut harus seimbang. Itulah mengapa para ahli gizi ibu hamil selalu menekankan pentingnya mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Susu tersebut sudah mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan juga janin meskipun tetap juga diperlukan asupan gizi dari makanan sehat.


Itulah mengapa sebaiknya ibu mengalahkan rasa malas dan bosan agar ibu bisa memberikan asupan gizi yang seimbang dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment