Monday, December 7, 2015

Minum Susu untuk Ibu Hamil Tidak Harus, Ini Alasannya


susu ibu hamil
Susu Ibu Hamil

Susu untuk ibu hamil selama ini dianggap sebagai minuman yang wajib dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Ternyata, anggapan tersebut salah. Tentu saja argumen ini harus disertai dengan bukti-bukti ilmiah. Jadi, bagi ibu yang selama ini tidak bisa mengkonsumsi susu ibu hamil lantaran selalu muntah setiap kali minum susu ibu hamil, maka ibu mulai sekarang ibu tidak perlu memaksakan diri lagi 

 

Pendapat Ahli Mengenai Susu Ibu Hamil
Untuk memperjelas kenapa ibu hamil tidak harus mengkonsumsi susu, ibu sebaiknya memperhatikan keterangan dari Yona Shelly, seorang ahli gizi. Menurut  Yona, susu itu hanya penunjang saja dan sebenarnya persiapan semua gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil itu seharusnya sudah dilakukan jauh hari sebelum kehamilan. Yona menambahkan, nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil harus sudah tersedia. Artinya, sudah ada cadangan untuk menghadapi kehamilan.
Dari keterangan itulah mengapa ibu yang tidak bisa mengkonsumsi susu ibu hamil tidak perlu berkecil hati. Tidak mengkonsumsi susu bukan berarti tidak bisa menjaga kesehatan janin dalam kandungan.
Yang perlu diperhatikan adalah nutrisi yang diperlukan oleh janin untuk pertumbuhan itu harus dipenuhi seperti protein, kalsium, vitamin, serat, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, ibu bisa mengganti susu dengan makanan atau minuman sehat lainnya yang kandungannya sama dalam susu. Seperti contoh, ibu bisa makan telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, ibu bisa mengkonsumsi seafood.
Pendapat Lain tentang Susu Ibu Hamil
Meskipun tidak wajib, susu ibu hamil tidak boleh disepelekan. Jika tidak ada halangan apapun, maka sebaiknya ibu mengkonsumsi susu tersebut untuk memastikan nutrisi ibu hamil terpenuhi. Jika merasa mual dan bahkan muntah, itu biasanya dikarenakan aromanya yang ibu tidak suka. Ibu bisa mencoba mencari susu ibu hamil lainnya dengan rasa yang berbeda. Yang jelas, ibu tidak merasa eneg dengan aroma tersebut.
Ada juga yang tidak suka minum susu lantaran sering diare setelah minum susu. ini bukan masalah susunya, tapi ada masalah dengan sistem pencernaan ibu. Konsultasi dengan dokter akan dicarikan susu yang kandungannya bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan ibu.
Jika masih saja menemui kendala, maka ibu bisa coba cara berikut ini. Ambil susu sedikit saja dan konsumsi sebelum makan. Kerena pada dasarnya sistem pencernaan ibu tidak bisa menerima lantaran susu tersebut sangat pekat. Ibu bisa mencoba mengkonsumsi susu untuk ibu hamil yang tidak terlalu kental. Larutkan sedikit susu agar tidak terlalu kental. Lalu, setelah terbiasa, ibu bisa menambahkan susu sesuai dengan aturan dalam label kemasan.
Hal yang Harus Diperhatikan
Banyak orang yang tidak mengkonsumsi susu ibu hamil lantaran menganggap susu tersebut mahal. Jika tidak mengkonsumsi susu yang terbaik, lebih baik tidak mengkonsumsi susu sama sekali.
Pandangan tersebut tentu saja salah besar. Tidak semua susu ibu hamil yang terbaik itu harganya mahal. Terbaik atau tidak itu tergantung pada nutrisi dan bagaimana sistem pencernaan tubuh ibu menerima susu tersebut. Persepsi ini harus diluruskan.
Selain itu, susu ibu hamil bukalah sumber utama nutrisi yang ibu perlukan. Sumber utama tetap dari makanan sehat yang ibu konsumsi. Susu hanya pendamping. Jadi, walaupun ibu sudah mengkonsumsi susu, bukan berarti gizi ibu sudah tercukupi. Sekali lagi, makanan sumber utama nutrisi, bukan susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment