Sunday, December 13, 2015

Mengkonsumsi Susu Ibu Menyusui itu Tidak Harus

susu ibu menyusui
Friso Indonesia

Susu ibu menyusui itu secara langsung tidak berpengaruh pada produksi ASI. Pendapat ini diungkap oleh beberapa ahli gizi. Tentu saja pendapat ini menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mengatakan pendapat itu ngawur dan tidak berdasar. “Lalu apa gunanya mengkonsumsi susu?” Itu pertanyaan yang ditanyakan oleh orang yang tidak percaya.


Bagi yang setuju, mereka menganggap produksi ASI itu hanya dipengaruhi oleh dua hal; yang pertama kondisi kesehatan ibu dan yang kedua stimulasi dari si kecil. Dua hal ini saling berkaitan. Jika tidak ada stimulan dari si kecil untuk menyedot susu dari payudara ibu, maka produksi ASI tidak banyak. Begitu juga sebaliknya.

Selanjutnya, para ahli gizi yang mengamini pendapat tersebut di atas juga menjelaskan apa sebenarnya kegunaan susu untuk ibu menyusui. Dijelaskan bahwa nutrisi ibu menyusui itu terkandung dalam susu tersebut seperti kalsium, protein, vitamin, dan lain sebagainya. Hanya saja, tidak ada nutrisi yang bisa secara signifikan mempengaruhi produksi ASI. Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Dan itulah mengapa susu untuk ibu menyusui diperlukan.


Namun, tidak ada masalah jika saja ibu tidak mau mengkonsumsi susu. Ibu bisa mendapatkan nutrisi yang ibu butuhkan selama menyusui dari berbegai jenis makanan. Contohnya saja kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi, ikan laut yang mengandung kalsium, dan lain sebagainya. Jadi, untuk mendapatkan nutrisi selama menyusui, ibu tidak harus hanya mengkonsumsi susu ibu menyusui.

No comments:

Post a Comment