Wednesday, December 2, 2015

Jenis Makanan pengganti Susu Ibu Menyusui



susu ibu menyusui
Friso Indonesia

 

Susu untuk ibu menyusui sangat penting tapi tahukah ibu ternyata susu tersebut sama sekali tidak mempengaruhi jumlah ASI (air susu ibu) yang ibu produksi? Ada salah pengertian yang diyakini oleh masyarakat sekarang ini. Banyak yang mengaggap pentingnya mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui agar ASI yang diproduksi ibu semakin banyak. Ternyata, susu dan ASI itu tidak ada kaitannya sama sekali.


Lalu apa gunananya ibu mengkonsumsi susu tersebut? Tidak lain agar menjaga kesehatan ibu. Itulah makanya sebernarnya ibu tidak harus mengkonsumsi susu pada masa ibu masih harus memberikan ASI kepada si kecil asalkan nutrisi ibu terpenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang tepat.

Makanan yang bisa menggantikan susu yang biasanya dikonsumsi ibu menyusui adalah makanan yang mengandung kalsium. Pasalnya, kandungan yang paling utama susu adalah kalsium. Dalam hal ini, ibu bisa mendapatkan kalsium yang cukup dengan cara mengkonsumsi jenis ikan laut seperti ikan tuna.

Namun, jika ibu tidak suka mengkonsumsi jenis seafood, ibu bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung keju. Selain itu, sayuran juga akan memberikan suplai kalsium yang cukup untuk tubuh ibu selama masa menyusui.

Bagi ibu yang suka ngemil, ibu bisa memilih cemilan yang berbahan kacang. Selain kacang-kacangan sebagai makanan ibu hamil, cemilan ini juga sangat disarankan untuk dikonsumsi setelah melahirkan dan dalam masa menyusui. Pasalnya, kacang-kacangan selain mengandung protein nabati yang tinggi juga mengandung kalsium. Akan tetapi, jika ibu tidak ingin terlalu repot menyiapkan jenis makanan tersebut, ibu harus secara rutin mengkonsumsi susu ibu menyusui.

No comments:

Post a Comment