Thursday, December 10, 2015

Nutrisi Ibu Hamil yang Penting untuk Mencegah Infeksi


nutrisi ibu hamil
Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi untuk ibu hamil sangat diperlukan. Salah satunya untuk mencegah terjadinya infeksi saat kehamilan. wanita hamil sangat rentan terhadap berbegai jenis bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi. Beberapa jenis penyakit pada masa kehamilan ternyata disebabkan oleh infeksi. 


Untuk itu, penting sekali untuk dipahami apa saja yang harus ibu lakukan untuk mencegah infeksi tersebut. 

Infeksi Saluran Kemih

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita hamil adalah adanya infeksi pada saluran kemih. Sayangnya, kebanyakan memahami bahwa infeksi saluran kemih ini dikarenakan seringnya wanita hamil menahan buang air kecil.

Memang benar salah satu penyebabnya adalah seringnya menahan buang air kecil. Akan tetapi, dari dalam tubuh wanita tersebut terdapat juga bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Oleh karena itu, solusi yang terbaik adalah jangan terlalu sering menahan air kecil serta mengkonsumsi susu yang mengandung nutrisi ibu hamil yang mampu membunuh bakteri dalam saluran kemih. Selain itu, ibu juga mengkonsumsi jus kranberi di mana buah tersebut mengandung hipurat yang membantu membunuh bakteri jahat penyebab infeksi.

Cacar Air

Banyak yang bilang setiap orang sekali dalam seumur hidup akan mengalami cacar air. Ternyata hal tersebut hanya mitos. Menurut ahli medis, cacar air itu sama seperti penyakit lainnya yang ada penyebabnya dan bisa dicegah. 

Cacar air itu disebabkan oleh infeksi virus yang bernama Vanicella Zosterini. Jika virus ini mulai menyerang, maka gejala awalnya yang sering muncul adalah gatal pada kulit dan lepuh.

Virus ini lebih mudah menyerang pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh yang tidak lemah. Itulah mengapa seorang ibu hamil harus rajin mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung nutrisi kehamilan khususnya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan seperti itu, maka apapun keluhan kesehatan, tak terkecuali cacar air bisa dihindari.

Sebenarnya, ada satu hal lain yang harus ibu perhatikan, yaitu jangan sampai ibu kontak fisik secara langsung dengan orang yang terkena cacar air. Pasalnya, cacar air itu sangat mudah menular dengan cara kontak fisik. Untuk itu, hindari kontak fisik dengan teman atau saudara yang terkena cacar air khususnya ketika ibu sedang mengandung.

Susu Ibu Hamil Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Dari beberapa keluhan tersebut di atas, ada satu kesimpulan yang bisa ibu ambil. Pada dasarnya keluhan kesehatan tersebut muncul lantaran sistem kekebalan atau imun tubuh tidak begitu kuat. Jadi, intinya adalah ibu harus bisa menjaga agar kekebalan tubuh ibu selama kehamilan selalu kuat.

Salah satu caranya dengan mengkonsumsi susu ibu hamil. Susu tersebut mengandung nutrisi kehamilan yang bisa memperkuat sistem imun tubuh. Dengan demikian, segala Janis penyakit seperti infeksi saluran kemih dan cacar air bisa dihindari.

Selain itu, ibu juga harus memperhatikan asupan gizi dari makanan yang ibu konsumsi. Jangan sampai makanan yang biasa ibu konsumsi justru membuat sistem imun lemah. Hindari mengkonsumsi makanan junk food yang nilai gizinya rendah. Mulailah memperkaya wawasan tentang jenis makanan sehat dan baik bagi ibu hamil. 

Jika perlu, ibu bisa ikut dalam forum ibu hamil agar pengetahuan ibu tentang kehamilan bertambah. Di forum tersebut, ibu juga bisa berkonsultasi dengan pakar kehamilan secara online. Jadi, apapun yang ibu ingin tahu bisa ibu tanyakan, selain juga bertanya tentang nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment