Monday, December 21, 2015

Nutrisi untuk Ibu Hamil yang Membuat Ibu Sehat dan Kuat pada Waktu Persalinan


nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia

 

Nutrisi untuk ibu hamil bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, buah-buahan, sayuran, dan juga minuman. Saat ini, banyak penyedia catering yang memahami bahwa semakin banyaknya wanita hamil yang sadar akan pentingnya makanan bernutrisi tinggi untuk kehamilan membuat paket makanan sehat khusus untuk ibu hamil. Sementara itu, merk susu ibu hamil selalu berinovasi untuk memastikan kandungan dalam susu semakin baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.


Akan tetapi, apakah ibu tahu makanan apa saja yang bisa ibu konsumsi untuk memastikan ibu memiliki tenaga yang cukup untuk menghadapi proses persalinan? Berikut beberapa jenis makanan seperti harus ibu pertimbangan ketika ibu ingin melahirkan sang buah hati. Berikut informasi selengkapnya.

Sayuran Hijau

Tahukah ibu sayuran hijau itu tidak hanya menyehatkan mata dan mengandung banyak protein? Banyak yang menganggap sayuran hijau itu baik hanya untuk orang yang kemampuan penglihatannya kurang jelas. Namun, ternyata sayuran hijau juga mengandung nutrisi ibu hamil. Contohnya saja bayam yang merupakan makanan sehat yang dimakan oleh tokoh kartun Popeye. Dengan makan bayam saja, Popeye berubah menjadi orang yang sangat kuat.

Namun, bukan nutrisi itu yang akan diambil oleh wanita hamil. Nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau yang satu ini adalah zat besi. Zat besi ini diperlukan oleh wanita hamil untuk memastikan ia tidak mengalami anemia. Jika wanita hamil mengalami anemia atau bahkan keadaan tersebut terjadi ketika menghadapi persalinan, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan berdampak tidak baik bagi ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Jika nutrisi untuk ibu hamil berupa zat besi ini kurang, maka ibu akan mengalami anemia. Tubuh akan lemas dan tidak bertenaga. Padahal, diperlukan tenaga ekstra untuk menghadapi proses persalinan.

Nasi Merah

Mulai sekarang, ganti nasi putih yang ibu konsumsi dengan nasi merah. Apa alasannya? Pertama, nasi merah mengandung vitamin B. Fungsinya hampir sama dengan zat besi, yaitu mengontrol produksi sel darah merah. Yang kedua, nasi merah mengandung serat yang cukup banyak. Serat ini akan membuat ibu terhindar dari gangguan berupa buang air besar tidak lancar yang sering berimbas pada kesehatan ibu secara umum.

Makan Pisang

Buah pisang tidak hanya mengandung nutrisi ibu hamil berupa asam folat dan zat besi. Pisang juga termasuk buah-buahan yang akan memberikan kalori tinggi. Terdapat sekitar 105 kalori di setiap satu buah pisang. Itulah mengapa para dokter kandungan menyarankan agar pada trisemester terakhir dan bahkan ketika mendekati waktu melahirkan, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi buah pisang. Ini merupakan buah yang mudah untuk dikonsumsi dan enak. Dan yang terpenting, ibu yang sedang menanti proses persalinan yang terkadang kehilangan nafsu makan bisa mengkonsumsi buah pisang ini untuk memastikan dirinya memiliki tenaga yang cukup untuk melahirkan sang buah hati.


Tentu saja setiap ibu hamil ingin melahirkan bayi dalam keadaan normal, bukan melalui Caesar. Sebuah anugrah jika seorang ibu bisa melahirkan normal. Jika ibu berpikir demikian, hindari mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung nutrisi baik bagi ibu hamil. Pastikan ibu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Tiga jenis makanan tersebut di atas patut dipertimbangkan untuk dikonsumsi setiap untuk memastikan ibu memiliki cukup tenaga untuk melahirkan sang buah hati. Jadi, mulai sekarang, perhatikan apa yang ibu konsumsi setiap hari dan pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment