Tuesday, December 1, 2015

Wow, Ternyata Nutrisi Ibu Hamil Berasal Dari Makanan Sederhana

nutrisi ibu hamil
Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil itu sangat menentukan bagaimana perkembangan janin dalam kandungan Oleh karena itu, ibu hamil selalu mengupdate informasi tentang menu makanan serta minuman yang sehat untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Sebenarnya, ada makanan sederhana yang bisa dikonsumsi ibu hamil. Makanan tersebut kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Contohnya saja makanan sederhana berupa pecel. Makanan ini murah dan mudah didapatkan. Bahkan, ibu bisa membuatnya sendiri. Kira-kira apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam pecel ini? Berikut informasi selengkapnya.
Kandungan Protein
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah protein. Protein ini sangat penting untuk perkembangan janin serta kecerdasannya. Protein ini bisa didapatkan dari daging sapi. Hanya saja, pengolahan yang salah membuat daging bisa membahayakan kesehatan ibu. Pasalnya, daging sapi mengandung lemak jahat yang bisa mengakibatkan obesitas pada ibu dan bayi dalam kandungan.
Untuk itu, perlu alternatif lain yang tidak mengandung efek samping, yaitu protein nabati dari kacang-kacangan. Kacang panjang misalnya. Kacang panjang memberikan nutrisi ibu hamil berupa kandungan protein yang yang tinggi. Kacang panjang ini biasanya menjadi sayuran dalam pecel.
Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak boleh mengkonsumsi daging sapi atau makanan olahan daging sapi. Yang penting, pastikan ibu memasak benar-benar matang sehingga lemak bisa diminimalisir.
Zat Besi
Apakah ibu masih sering mengalami anemia? Itu tandanya janin dalam kandungan sehat dan membutuhkan darah yang banyak. Pada saat ibu anemia, itu berarti darah diambil oleh janin dan ibu kekurangan darah sehingga anemia. Itulah mengapa ibu harus mengkonsumsi mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung. Sayuran hijau mengandung zat besi yang tinggi untuk mempercepat pembentukan Hb.
Pecel biasanya terbuat dari beberapa jenis sayuran. Selain hijau, ada juga bayam dan kankung. Ibu bisa mengambil manfaat dari pecel sebagai makanan penambah darah untuk mengatasi anemia.
Pada dasarnya setiap ibu hamil rentan sekali terhadap anemia, apalagi ketika masa kehamilan sudah memasukkan trisemester kedua atau ketiga. Anemia akan sering terjadi. Hal tersebut dikarenakan janin membutuhkan suplai darah yang banyak untuk membentuk organ-organ tubuh. Sementara ketika ibu tidak mampu menyediakan dalam jumlah yang banyak, maka yang terjadi adalah ibu mengalami anemia.
Selain mengatasi anemia, sayuran hijau ternyata juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada saat hamil, ibu sering sakit karena ibu tidak memberikan nutrisi yang ekstra untuk ibu dan janin. Sebagai langkah pencegahan, ibu bisa mengkonsumsi pecel yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Makanan dan Susu untuk Ibu Hamil
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pecel merupakan salah satu makanan sederhana yang baik dan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Tentu saja ada banyak lagi varian makanan sehat sederhana yang bagus untuk ibu hamil lainnya.
Sayangnya, kebanyakan ibu hanya mengandalkan susu ibu hamil saja untuk mencukupi kebutuhan gizi janin dalam kandungan. Tentu saja tidak salah jika mengkonsumsi susu tersebut. Susu kehamilan mengandung banyak sekali nutrisi yang bagus untuk perkembangan janin. Hanya saja, mengandalkan susu saja tidak cukup. Ibu harus tetap memperhatikan menu makanan setiap hari.
Ibu bisa membuat sayur bening berbahan bayam, ikan tuna goreng, dan lain sebagainya. Makanan tersebut sangat baik untuk mencukupi nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment